Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini mengembangkan suatu media pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Project Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa karena bahan ajar yang digunakan kurang memaksimalkan penggunaan kemampuan koneksi matematis. Pengembangan LKS berbasis Project Based Learning bertujuan untuk memperoleh LKS yang valid dan praktis serta efektif dalam memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/1 SMP Teknologi Pekanbaru, yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Instrumen angket yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan ahli teknologi pendidikan. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis dengan bentuk soal uraian. Teknik analisis data yaitu persentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Project Based Learning telah valid, praktis untuk digunakan serta efektif untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Metematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 3 No. 1.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implementasinya). Yogyakarta: Familia.
Ilmas, B., M., Hasan & Mahidin. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol. 4 No. 1.
Kamdi, W. (2007). Project Based Learning. Semarang: UNS Press.
Machmudah, D. N. (2017). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Regulated Siswa SMPN 5 Purwokerto. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Mardaleni, D., Noviarni., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning Vol. 1 No. 3.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nufus, H., & Yuniati, S. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1.
Pavit, S. K., & Helti, L. M. (2018). Koneksi Matematis pada Materi Kubus dan Balok oleh Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Numeracy Vol. 5. No. 1.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta: Diva Press.
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rajabi, M (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktik Vol. 3 No. 1.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Suhandri., Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Akademik. Jurnal Analisa, Vol. 3 No. 2.
Widyantini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning dalam materi Pola Bilangan Kelas VII. PPPPTK Matematika: Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: