Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru

Siti Sri Ambarwati, Mas'ud Zein, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran REACTdan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik, mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self efficacy tinggi, sedang dan rendah serta mengetahuiinteraksi antara model pembelajaran REACT dan self efficacyterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah TheNonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII. 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan uji anova dua arah (two wayanova). Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran REACT dan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Berdasarkan hasil uji anova dua arah dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 8 Pekanbaru serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran REACT dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. (2015). Komunikasi Matematika Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Erman Suherman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. JIPMat, 3(1).

Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197–206.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 171–178.

Noviarni. (2014). Perencanaan dan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya Menuju Guru Matematika yang Kreatif dan Inovatif. Pekanbaru: Benteng Media.

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkaitan Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 29–42.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Jakarta: Kemendikbud.

Pratama, Y. A., & William, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 94–104.

Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis instrumen tes akhir kemampuan komunikasi matematika untuk siswa smp pada materi fungsi dan relasI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8–19.

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Sari, N. R., Gunowibowo, P., & Asnawati, R. (2018). Pengaruh Strategi Relating Experiencing Apllying Cooperating Transferring Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(3).

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter