Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat

Imelda Julia Fista, Dodi Pasila Putra, Haida Fitri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa dari 105 orang siswa populasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk melihat kecemasan matematikan dan tes kemampuan koneksi matematika. Persamaan regresi untuk kecemasan matematika adalah Y = 9,145+ 0,456X dengan korelasi 0,587 dan KD sebesar 34,45%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecemasan matematika sebesar 0,456 terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

References


Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety consequences. Current Directions in Psychological Science, 181–185.

Davison, G. C., Neale, J. M., & Kring, A. M. (2006). Psikologi Abnormal (ke-9). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749

Harahap, R. (2012). Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika Siswa melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washliyah 8 Medan, Harahap, Rosliana, dkk. 2012, Jurnal Pendidikan Matematika PARAKMA, Vol.5, No.2, Medan: UNIMED. 5(2), 2012.

Hartono, & Soedarmadji, B. (2012). Psikologi Konseling. Jakarta: kencana.

National Council of teachers of Mathematics. (2000). National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Sistyaningtyas, F. (2013). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kayen Pati (Universitas Muhammdiyah Surakarta). https://doi.org/10.1016/j.jns.2003.09.014

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, R., Fahinu, F., & Ruslan, R. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter