Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Regulated Siswa SMP/MTs

Resty Fauziah, H Hasanuddin, Zulkifli M Nuh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self regulated siswa SMP/MTs. Penelitian ini mengunakan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran MID dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki self regulated pada kelas eksperimen dan siswa yang memiliki self regulated pada kelas kontrol. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran MID dengan self regulated terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Secara umum model  pembelajaran MID erpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self regulated siswa SMP Negeri 3 Tambang.

Full Text:

PDF

References


Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553

Gazali, M., Riyadi, R., & Roswitha, M. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Guide Note Taking (TAI GNT) ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3). Diambil dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3502

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, & Alka Arora. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Diambil dari https://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-results-mathematics.html

Misrayanti, M., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 207–212. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4761

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Diambil dari http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

National Research Council. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. https://doi.org/10.17226/9822

Novak, J. D. (2011). A Theory of Education: Meaningful Learning Underlies The Constructive Integration of Thinking, Feeling, and Acting Leading to Empowerment for Commitment and Responsibility. Aprendizagem Significativa Em Revista/Meaningful Learning Review, 6(2), 14.

Nurjanah, E. (2016). Efektivitas Metode Problem Posing Terhadap Self-Regulated Learning dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMK (Masters). Diambil dari http://repository.unpas.ac.id/1043/

OECD. (2018). PISA 2015 results in focus. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1358

Sritresna, T. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 38–47.

Sumarmo, U. (t.t.). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Suryati, A., & Cahyani, R. (2018). Model Pembelajaran Cooperative Tipe Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Peserta Didik SMA. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(1), 160–168.

Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79–90. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4775

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2001). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives. Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter