Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Regulated Siswa SMP/MTs
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Gazali, M., Riyadi, R., & Roswitha, M. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Guide Note Taking (TAI GNT) ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3). Diambil dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3502
Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, & Alka Arora. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Diambil dari https://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-results-mathematics.html
Misrayanti, M., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 207–212. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4761
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Diambil dari http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/
National Research Council. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. https://doi.org/10.17226/9822
Novak, J. D. (2011). A Theory of Education: Meaningful Learning Underlies The Constructive Integration of Thinking, Feeling, and Acting Leading to Empowerment for Commitment and Responsibility. Aprendizagem Significativa Em Revista/Meaningful Learning Review, 6(2), 14.
Nurjanah, E. (2016). Efektivitas Metode Problem Posing Terhadap Self-Regulated Learning dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMK (Masters). Diambil dari http://repository.unpas.ac.id/1043/
OECD. (2018). PISA 2015 results in focus. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dengan Prokrastnasi Akademik pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1358
Sritresna, T. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 38–47.
Sumarmo, U. (t.t.). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Suryati, A., & Cahyani, R. (2018). Model Pembelajaran Cooperative Tipe Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Peserta Didik SMA. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(1), 160–168.
Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79–90. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4775
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2001). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theoretical Perspectives. Routledge.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.8073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: