Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs
Abstract
Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen dan VII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan koneksi matematis, angket kemandirian belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 adalah uji-t sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran metakognitif dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran metakognitif. Kemampuan koneksi matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen adalah dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah Hasil analisis data menggunakan anova dua arah menunjukkan sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah dan menunjukkan sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa. Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa strategi pembelajaran metakognitif mempengaruhi kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, khususnya kemampuan koneksi matematis.
Full Text:
PDFReferences
Amir, Z. (2014). Strategi Metakognitif: Suatu Kajian Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Bandung: Universitas Islam Nusantara. 185
Anandita, G. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. (Thesis, Universitas Negeri Semarang, 2015). Diakses dari https://lib.unnes.ac.id/21529/1/4101411075-S.pdf.
Azma, D. N. (2017). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Melalui Pembelajaran Strategi Metakognisi. (Thesis, Universitas Syiah Kuala Darussalam, 2017). Diakses dari http://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=35533&page=1.102
Fauzi, M. A. (2011). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Internasional dan Konferensi Nasional Keempat Tentang Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta. 113
______. (2013). “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 6. No. 1. 50
Gazali, M. (2015). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Ditinjau Dari Kemandirian Belajar”. Jurnal Elemen. Vol 1. No.1. 76
Hendriana, H., Rohaeti, E. E. & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hutahuruk, A.J.B. (2016). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Cirebon: Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. 180
Lestari, K.A. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 58 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 SMP/ MTs. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Muhandaz, R. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kota Padang”. Suska Jurnal of Mathematics Education. Vol. 1 No. 1. 39
PISA (Programme of International Study Assesment). (2016). Result: excellent and Equity in Education Volume 1. Paris: OECD Publishing.
Risnawati, Mardianita, W. & Hernety. “Pengembangan Lks Pemecahan Masalah Kaidah Pencacahan Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Sma Kelas Xi”. JPPM. Vol. 9. No. 1. 139
Septiani Putri L, Ramon M, & Risnawati. (2019). “Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru”. Journal For Research in Matheatics Learning. Vol. 2 No.2 171.
Sumarni. (2016). “Tinjauan Korelasi Antara Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Regulated Learning Matematika Siswa Yang Pembelajarannya Melalui Learning Cycle 5E”. Jurnal JES-MAT. Vol. 2. No. 1. 96
Suprapto, E. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif”. INVOTEC. Vol. XI. No. 1. 37.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2018). Tentang Sistem Pendidikan Nasional di kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. Diakses pada 2 september 2018.
Zakaria, E., Nordin, N.M., & Ahmad, S. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Prin-Ad Sdn. Bhd.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: