Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Cahdriyana, R. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Representasi matematis siswa kelas VII di SMPN 9 Yogyakarta dalam membangun konsep SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(6), 632-642.
Gelar, D.R. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran eksploratif terhadap peningkatan kemampuan visualisasi, pemahaman konsep geometri, dan karakter siswa. Disertasi Pascasarjana UPI Bandung.
Isrok’atun., & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014, Jakarta. Hal. 325-327.
Maryam, S., Isrok’atun., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan eksploratif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 551-560.
Mardaleni, D., Noviarni., & Nurdin, E. (2018). Efek strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Education), 1(3), 236-241.
Muhandaz, R., Trisnawita, O & Risnawati.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137-146
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Neria, D., & Amit, M. (2004). Students Preference of non-algebraic representations in mathematical communication. Proceedings of the 28th conference of the international group for the psychology of mathematical education, 3, 409 – 416.
Nurdin, E., Ayurila, M., & Risnawati. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis group investigation untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Education), 1(3), 219-226.
Panitz. T Benefits of Corperative Learning in Relation to Student Motivation. (online). http://home.capecod.net/~tpanitz/tedsarticles/motivation.html. Diakses 19 Agustus 2019
Pape, S.J. & Tchoshanov, M.A. (2001). The role of representation(s) in developing mathematical understanding. Theory into Practice, 40(2), 118-125
Rangkuti, A.N. (2015). Representasi matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Penddidikan dan Sains, 1(02), 1-11.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 1(2), 33-44.
Siregar, A.P., Risnawati., & Nurdin, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis generative learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Education), 1(2), 111-118.
Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.
Wijaya, C.B. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran pada kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115-124.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: