Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Agustina Anggraini, Lies Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif jika berdasarkan kepercayaan diri siswa SMP N 4 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model eksploratif jika berdasarkan kepercayaan diri siswa, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan model eksploratif dan kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model eksploratif berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan kepercayaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.

Full Text:

PDF

References


Cahdriyana, R. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Representasi matematis siswa kelas VII di SMPN 9 Yogyakarta dalam membangun konsep SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(6), 632-642.

Gelar, D.R. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran eksploratif terhadap peningkatan kemampuan visualisasi, pemahaman konsep geometri, dan karakter siswa. Disertasi Pascasarjana UPI Bandung.

Isrok’atun., & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014, Jakarta. Hal. 325-327.

Maryam, S., Isrok’atun., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan eksploratif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 551-560.

Mardaleni, D., Noviarni., & Nurdin, E. (2018). Efek strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Education), 1(3), 236-241.

Muhandaz, R., Trisnawita, O & Risnawati.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137-146

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Neria, D., & Amit, M. (2004). Students Preference of non-algebraic representations in mathematical communication. Proceedings of the 28th conference of the international group for the psychology of mathematical education, 3, 409 – 416.

Nurdin, E., Ayurila, M., & Risnawati. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis group investigation untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Education), 1(3), 219-226.

Panitz. T Benefits of Corperative Learning in Relation to Student Motivation. (online). http://home.capecod.net/~tpanitz/tedsarticles/motivation.html. Diakses 19 Agustus 2019

Pape, S.J. & Tchoshanov, M.A. (2001). The role of representation(s) in developing mathematical understanding. Theory into Practice, 40(2), 118-125

Rangkuti, A.N. (2015). Representasi matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Penddidikan dan Sains, 1(02), 1-11.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 1(2), 33-44.

Siregar, A.P., Risnawati., & Nurdin, E. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis generative learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Education), 1(2), 111-118.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Wijaya, C.B. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran pada kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter