Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share Di Kelas VIII Putri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia

Rahmatal Karima, Aniswita Aniswita, Pipit Firmanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan cara siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah yang diberikan guru. Keterampilan dalam memecahkan masalah matematika yang dimiliki siswa masih sangat kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Search Solve Create and Share. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search Solve Create and Share. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison: Randomized Control- Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Putri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia dengan  kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh dari 28 siswa terdapat 53,6% siswa termasuk kategori baik sekali, 17,8% siswa kategori baik, 14,3% kategori cukup dan 14,3% kategori kurang. Adapun diperoleh thitung = 3,16 sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search Solve Create and Share lebih baik dari konvensional.

Full Text:

PDF

References


Hadi, Sutarto. R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Menengah Pertama. Pendidikan Matematika, Vol.2 (Hal.1).

Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 077–087. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712

Herlambang. (n.d.). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP 1 Kepahiang tentang Bangun Datar ditinjau dari Teori Van Heile. [Online].Tersedia :Http:/Resopitory.Unib.Ac.Id/8426/2/I;II;III;2-13-HER.FI.Pdf.

Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Probem Posing Model Search Solve Create and Share dalam Upaya meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Penelitian Pendidikan, Vol.12 (No.1)

L Pizzini, E. (1991). SSCS Implementation Handbook. lowa: The Universitiy of Lowa.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Norhayati, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 19–32. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4771

Nufus, R. A. dan H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2). https://doi.org/10.31949/th.v1i2.384

Rosawati, E. E. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Search Solve Create and Share (SSCS) pada Materi Ikatan Kimia. Unesa Journal Of Chemical Education, Vol.5(No.2), 495.

Suraji, S., & Sari, A. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 67–73. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4043

Suraji, Suraji, Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter