Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A, B. B. (2015). Penerapan Model Open Ended untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Repaking—Wonosegoro—Boyolali. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 78–91. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p78-91
Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok’atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Burhan, B. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2). Diambil dari https://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1062
Firdaus, F., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Pembelajaran Open Ended pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 227–236. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6127
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Marsinia, W., & Rahmi, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 153–160. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5424
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. INSPIRAMATIKA, 3(1), 1–15.
Nurjannah, Z., & Irma, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 227–235. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4776
Permendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20–24. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78
Sari, S. R., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 182–188. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5750
Sri, K. (2008). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Mapel PAI melalui Model Pendampingan Keagamaan (Skripsi, IAIN Walisongo). Diambil dari library.walisongo.ac.id › 83 › jtptiain-gdl-srikhumaya-4141-1-3103104_-p
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Suparman, & Husen, D. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning. BIOEDUKASI, 3(2). Diambil dari http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/bioedu/article/view/109
Walle, J. A. V. (2007). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah; Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v%25vi%25i.7664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: