Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019
Silvi Junita, Alfi Rahmi, Haidi Fitri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, pengaruh signifikan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa, dan pengaruh signifikan motivasi dan perhatian orangtua secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 31 orang siswa kelas VII yang dipilah secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah instrumen angket motivasi belajar yang terdiri dari 45 item pernyataan dan instrumen perhatian orangtua yang terdiri dari 38 item pernyataan dan hasil belajar metematika siswa diperoleh dari guru Matematika SMP Negeri 1 Baso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa denagan sumbangan sebesar 20,307%, perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan sebesar 16,3406%, dan motivasi belajar dan perhatian orangtua secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Neger 1 Baso Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan sumbangan sebesar 25,2004%.