Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Group Investigation untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Erdawati Nurdin, Risnawati Risnawati, Mirse Ayurila

Abstract


Penelitian ini mengembangkan suatu media pembelajaran berupa lembar kerja siswa berbasis group investigation. Pengembangan LKS berbasis Group Investigation ini bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi segitiga. Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 SMPN 4 Siak Hulu, yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Analisis terhadap data yang diperoleh dari angket menunjukkan bahwa LKS berbasis Group Investigation telah valid dan praktis untuk digunakan. Hasil uji t menyimpulkan bahwa LKS ini efektif untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. LKS berbasis Group Investigation ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VII pada materi segitiga.

 


Full Text:

PDF

References


Ana. N, Fitrihidajati. H dan Susantini, E. 2010. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, Solo.

Alimuddin, H. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Matematika. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 143-157.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran Jakarta: Rajawali Pers

Bate’e, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 4 Idangogayo. Jurnal Bina Gogik, 2(1), 25-37.

Imas K, dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata.

Linuhung. N dan Sudarman, S.W. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs. Jurnal Aksioma, 5(1), 52-60.

Mikrayanti. 2016. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran berbasis Masalah. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 97-102.

Mulytiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B.A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sari. D.P, Yerizon dan ZA.N. 2012. Dampak Pembelajaran Kelompok Investigasi Dalam Belajar Matematika terhadap Kemampuan Penalaran. Jurnal pendidikan Matematika FMIPA-UNP, Padang, 1(1), 40-45.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.6752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter