Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Model-Eliciting Activities (MEAs) yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Rambatan dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 1 Rambatan. Sampel penelitian adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis MEAs. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika berbasis MEAs yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,92 ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasisMEAs ini telah valid, praktis dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Dewi. (2014). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. tersedia di repository.uinjkt.ac.id
Ansari, Bansu Irianto. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Pena.
Chamberlin, S.A. dan Moon S.M. (2005). How Does the Problem Based Learning Approach Compare to the Model-Eliciting Activities Approach in Mathematics?. tersedia di http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/chamberlin.pdf
Chamberlin, S.A. dan Moon S.M. 2005. Model-Eliciting Activities as a Tool to Delevop and Identify Creatively Gifted Mathematicians. TheJournal of Secondary Gifted Education, XVII(I), 37.
Chamberlin, S.A. (2010). Mathematical Problems That Optimize Learning for Academically Advanced Students in Grades K-6. Journal of Advanced Academics, 22(1). 69.
H.A.D. Dux, et.all. (2006). Quantifying Aluminium Crystal Size Part 1: The Model Eliciting Activity. Journal of STEM Education, 7(1&2), 52-54.
Hamilton, Eric et.all. (2008). Model-Eliciting Activities (MEAs) as a Bridge Between Engineering Education Research and Mathmatics Education Research. Los Angeles: Advance in Engineering Education. 4.
Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.
Hendriana, Heris dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Konfrensi Pers UN 2017 JenjangSMP. (2017). Kemdikbud. tersedia di https://kemdikbud.go.id/main/files/download/9c7fdf36a39328d, di akses pada tanggal 02 maret 2018
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan, tersedia di www.timss2015.org. di akses pada tanggal 02 Maret 2018
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Rubani, Mardhiah. (2011). Psikologi Komunikasi. Pekanbaru: UR Press.
Shadiq, Fadjar. (2009). Diklat Instruktur Pengembangan Matematika Siswa SMA Jenjang Lanjut; Kemahiran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Sumarmo, Utari. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: FMIPA-UPI.
The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Wardhani, Sri. dan Rumiati, (2011), Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS, Yogyakarta: PPPPTK Matematika. tersedia di www.p4tkmatematika.org
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.5051
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: