Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa Sekolah Menengah Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Ada pun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi prisma dan limas. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 10 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII. 2. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Model Learning Cycle 7E. Instrumenpengumpulan data berupaangketdantes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan LKS termasuk dalam kategori tinggi (89. 44%). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis model Learning Cycle 7E ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa .
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman, 2009. . Belajar dan pembelajaran . Bandung: Alfabeta
Cahyo, A. , 2013. Panduan Apikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press
Endang Mulyatiningsih, 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pedidikan, Yogyakarta: Alfabeta
Prastowo Andi, 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-ruz Media
Prastowo Andi, 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press
Rohansyah, W,2008. Penerapan pembelajaran matematika Dengan Pendekatan Diskursus dalam Upaya Meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa SMP. Skripsi UPI.
Saminanto & Kartono. Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation With One Variabel Based On Connectivity Theory. International Juournal of Education and Research, Vol. 3 No. 4, Tahun 2015
Van De Walle John A. , 2008. matematika Sekolah Dasar Dan Menengah, Jakarta: Erlangga
Warih, dkk, Analisis kemampuan koneksi Matematis siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytogoras: Prosiding Konfrensi Nasional Penelitian matematika dan pembelajaran nya (KNPNP I). Program Studi Pendidikan matematika UMS, Tahun 2016
Widiharto, Rachmadi, 2004. Model-Model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: DepartemenPendidikan Nasional Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan dan Penataran Guru(PPPG) matematika .
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.4777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: