Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs

Dian Safitri, Noviarni Noviarni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa Sekolah Menengah Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Ada pun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi prisma dan limas. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 10 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII. 2. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Model Learning Cycle 7E. Instrumenpengumpulan data berupaangketdantes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis (  untuk kelompok kecil dan  untuk kelompok besar). Sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan LKS termasuk dalam kategori tinggi (89. 44%). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis model Learning Cycle 7E ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa .


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, 2009. . Belajar dan pembelajaran . Bandung: Alfabeta

Cahyo, A. , 2013. Panduan Apikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press

Endang Mulyatiningsih, 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pedidikan, Yogyakarta: Alfabeta

Prastowo Andi, 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-ruz Media

Prastowo Andi, 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press

Rohansyah, W,2008. Penerapan pembelajaran matematika Dengan Pendekatan Diskursus dalam Upaya Meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa SMP. Skripsi UPI.

Saminanto & Kartono. Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation With One Variabel Based On Connectivity Theory. International Juournal of Education and Research, Vol. 3 No. 4, Tahun 2015

Van De Walle John A. , 2008. matematika Sekolah Dasar Dan Menengah, Jakarta: Erlangga

Warih, dkk, Analisis kemampuan koneksi Matematis siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Phytogoras: Prosiding Konfrensi Nasional Penelitian matematika dan pembelajaran nya (KNPNP I). Program Studi Pendidikan matematika UMS, Tahun 2016

Widiharto, Rachmadi, 2004. Model-Model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: DepartemenPendidikan Nasional Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan dan Penataran Guru(PPPG) matematika .




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.4777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter