Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Instruction (PBI) Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)ed Instruction (PBI) Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Defi Defi

Abstract


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami materi, meningkatkan interaksi dengan guru, serta mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan LKPD yang sesuai dengan konteks sekolah sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya untuk pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan LKPD matematika berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) menjadi penting untuk dilakukan. Sementara itu, LKPD matematika berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV masih sangat terbatas sehingga perlu diupayakan pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKPD berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan evaluasi. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan prototipe. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga ahli, LKPD matematika berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV memperoleh tingkat keidealan sebesar 91,50% yang termasuk kategori sangat valid dari ahli materi pembelajaran dan 80% yang termasuk kategori valid dari ahli teknologi pembelajaran. Revisi berdasarkan saran validator dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas LKPD, sehingga diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang sesuai dan mendukung penguatan kemampuan pemecahan masalah  bagi peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan E-LKDP Materi Aritmetika Sosial Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2077. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6955

Astuti, E. D., Susanto, R., Cahyono, D., & Astuti, M. T. (2023). The Effect Of Problem Based Learning Work Sheet Usage On Student Learning Outcomes. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 404–408. https://doi.org/10.55352/mudir.v5i2.594

Dari, R. W., Ramadhani, T. T. I., & Imamuddin, M. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Islam Dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Di MTSN 2 Bukittinggi. Koloni: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(2), 290–298. https://doi.org/10.31004/koloni.v3i2.654

Gee, E., & La’ia, H. T. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Pada LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 321–325.

Heleni, S., Saragih, S., & Suanto, E. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Dalam Konteks Budaya Melayu Materi SPLDV. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 17. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.9038

Hulu, E. S., & Siswanti, W. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi SPLDV ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Toma. Faguru: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1351

Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Latar Belakang, Konsep Dasar dan Contoh Implementasinya. Surabaya: Unesa University Press.

Indriani, U. D., & Ananda, R. (2024). Development of Problem-Based Learning-Based Student Worksheet to Improve Mathematical Problem Solving Ability in Rows and Rows Material. Desimal: Jurnal Matematika, 7(1), 95–102. https://doi.org/10.24042/djm.v7i1.22105

Kemendikbud. (2021). Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kharie, E. S., Nani, K. La, & Tonra, W. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Instruction pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 15–16. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i1.2653

Kosasih, U., Nurjanah, Saputra, S., & Mutmainnah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Islami Terkait Kemampuan Koneksi Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 479–488.

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1510

Ma’wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631–640. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.114

Mariska, S., Ningsih, Y. L., & Mulbasari, A. S. (2024). E-LKPD Berbasis Problem Based Instruction Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(2), 200–212. https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.238

Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD Daring Pendekatan Guided Discovery Berbasis HOTS Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391–402. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.730

Plomp, T., & Nieveen, N. (Eds. . (2013). Educational Design Research: Part A. An Introduction. Enschede, the Netherlands: SLO (Netherlands Institute for Curriculum Development).

Puspita Sari, D., & Desniarti. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Instruction (PBI) untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 129–142. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21297

Reza, R., Utomo, F., Fuadi, K., Syahputra, W., & Nurdin, N. (2024). Pemanfaatan Desain Grafis untuk Meningkatkan Motivasi dan Kreativitas di Lingkungan Pendidikan dan Kewirausaan. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(3), 4648–4659. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5471

Riduwan. (2019). Belajar Mudah untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sabrina, F. N., & Rahardi, R. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2570–2583. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.900

Siswiandini, V. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras. JIPP: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.31571/jipp.v2i2.6130

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.732

Wahyuni, R., Efuansyah, & Sukasno. (2020). Developing Student Worksheet Based on Missouri Mathematics Project Model by Using Think-Talk-Write Strategy of Class VIII. Infinity Journal, 9(1), 81–92. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p81-92




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.38040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter