Pengaruh PBM Berstrategi MURRDERR terhadap Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Dhuafa Berprestasi
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berstrategi MURRDERR terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa dhuafa yang memiliki prestasi akademik baik. Strategi MURRDERR merupakan pendekatan berbasis masalah yang menekankan pada tahapan berpikir sistematis dan reflektif. Penelitian dilakukan dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan model counterbalanced. Sampel terdiri dari dua kelompok siswa SMP dari latar belakang ekonomi tidak mampu yang telah teridentifikasi sebagai siswa berprestasi. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis, angket disposisi matematis, jurnal pembelajaran, pedoman wawancara, dan pedoman observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berstrategi MURRDERR berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis, namun belum menunjukkan pengaruh signifikan terhadap disposisi matematis siswa. Siswa memiliki pandangan positif terhadap penerapan PBM berstrategi MURRDERR, di antaranya siwa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran, siswa dilatih membangun sikap belajar produktif (tekun, percaya diri, bersikap reflektif), siswa lebih tertantang mengasah kemampuan berpikir kritis, dan siswa difasilitasi membangun pola pikir berkembang (growth mindset). Di sisi lain, guru menilai PBM berstrategi MURRDERR dapat mengaktivasi siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, menumbuhkan proses saling belajar dan saling mengajar di antara siswa, serta melatih sistematika berpikir yang dapat membangun sikap kritis dan disposisi matematis secara holistik. Temuan ini menunjukkan bahwa PBM berstrategi MURRDERR efektif untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa dhuafa, serta penting untuk dikembangkan lebih lanjut guna membangun disposisi matematis dalam jangka panjang.
Full Text:
PDFReferences
Admin. (2019). Profil SMART Ekselensia Indonesia. Smart Ekselensia Indonesia. Diambil dari https://smartekselensia.net/
Albert, B. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. London: Macmillan.
Anisah, Kurniati, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 334–345. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21125
Azizah, N. I., & Granita. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 311–322. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10681
ÇETİN, S., & GÖK, B. (2017). Öğrencilerin Matematik Okuryazarlık Puanlarını Etkileyen Faktörlerin Modellenmesi: PISA 2012 Örneği (Modeling the Factors Affecting Students’ Mathematical Literacy Scores: The Case of PISA 2012). Hacettepe University Journal of Education, 32(4), 982–998. https://doi.org/10.16986/HUJE.2016023162
Claro, S., Paunesku, D., & Dweck, C. S. (2016). Growth Mindset Tempers the Effects of Poverty on Academic Achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(31), 8664–8668. https://doi.org/10.1073/pnas.1608207113
Darma, S. I., Syofni, & Suanto, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIB SMP IT Darul Huda Ukui. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 069–078. https://doi.org/10.24014/juring.v5i1.14367
Delisle, R. (1997). How to Use Problem-based Learning in the Classroom. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Dweck, C. S. (2016). Mindset : The New Psychology of Success. New York: Random House.
Feldhaus, C. A. (2014). How Pre Service Elementary School Teachers’ Mathematical Dispositions are Influenced by School Mathematics. American International Journal of Contemporary Research, 4(6), 91–97.
Hanna, A. N., Sucipto, L., Riska Ayu Kurniawati, K., Negara, H. R. P., & Negara, H. R. P. (2024). Analysis of the Effectiveness of Problem-Based Learning Method in Developing Students’ Analytical Mathematical Thinking Skills. Proceeding of International Seminar On Student Research In Education, Science, and Technology, 1, 262–274. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Hythecker, V. I., Dansereau, D. F., & Rocklin, T. R. (1998). An Analysis of the Processes Influencing the Structured Dyadic Learning Environment. Educational Psychologist, 23(1), 23–37. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2301_2
Indrašienė, V., Jegelevičienė, V., Merfeldaitė, O., Penkauskienė, D., Pivorienė, J., Railienė, A., … Valavičienė, N. (2019). What Critical Thinking and for What? Social Welfare : Interdisciplinary Approach, 9(1), 24–38. https://doi.org/10.21277/sw.v1i9.460
İş, Ç. (2003). A Cross-Cultural Comparison of Factors Affecting Mathematical Literacy of Students in Programme for International Student Assesment (PISA). Middle East Technical University, Ankara.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 55–60. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523
Leigh Hall, K. (2016). The Mathematical Disposition of Middle School Students: An Examination of Students’ Self-Concept of Ability In Mathematics Examination of Students’ Self-Concept of Ability in Mathematics (University of Ne England). University of Ne England, Armidale.
Lestari, E. P., Artiono, R., & Postekoningsih, D. R. (2024). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP sesuai Kurikulum Merdeka. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), 053–060. https://doi.org/10.24014/juring.v7i1.25258
Mateus-Nieves, E., & Díaz, H. R. D. (2021). Development of Mathematical Thinking Skill from the Formulation and Resolution of Verbal Arithmetic Problems. Acta Scientiae, 23(1), 30–52. https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.5845
Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis, Kreatif dan Investigatif Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berstrategi “MURDER” (Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Diambil dari http://repository.upi.edu/26233/
Maulana. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Investigatif Matematis Calon Guru SD melalui Strategi MURRDERR. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1318
Munaji. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 215–231. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.3960
Napitupulu, E. L. (2021, Juli 28). Membantu Siswa Bertumbuh dengan Growth Mindset. Diambil 26 September 2025, dari kompas.id website: https://www.kompas.id/artikel/membantu-siswa-bertumbuh-dengan-growth-mindset
Rahardi, F., & Dartanto, T. (2021). Growth Mindset, Delayed Gratification, and Learning Outcome: Evidence from a Field Survey of Least-Advantaged Private Schools in Depok-Indonesia. Heliyon, 7(4), e06681. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06681
Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147–152. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671
Rizky, E., & Ihsanudin. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 1281–1292. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3208
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sumarmo, U. (2010). Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA UPI.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matemati (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 17–33. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.36048
Yanuar. (2019). Riset OECD: Murid Indonesia yang Mampu Matematika 1 Persen. Koran tempo. Diambil dari https://www.tempo.co/sains/riset-oecd-murid-indonesia-yang-mampu-matematika-1-persen-677935
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.37937
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: