Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Diah Dwi Lestari, Kartini Kartini, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru berdasarkan indikator numerasi, konten matematika, konteks soal, dan level proses kognitif dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui Teknik tes menggunakan instrumen berupa lima soal AKM yang mencakup konten bilangan, geometri, aljabar, serta data dan ketidakpastian, dengan konteks personal, sosial, dan saintifik. Analisis dilakukan terhadap indikator merumuskan (Q1, Q2), menerapkan (R1, R2), dan menafsirkan (S1) menggunakan skala penskoran 0–2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa paling mampu dalam merumuskan masalah (Q2: 0,79), namun lemah dalam menerapkan prosedur (R2: 0,46) dan menafsirkan hasil (S1: 0,66), terutama pada soal dengan konten data dan konteks saintifik. Pencapaian tertinggi terdapat pada konten bilangan (0,91), konteks sosial (0,72), dan level penalaran (0,85). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa dapat memahami dan memodelkan soal, mereka masih kesulitan dalam aplikasi dan interpretasi dalam konteks nyata.


References


Alawiyah, T., Roza, Y., & Maimunah. (2023). Validitas Soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Memfasilitasi Kemampuan Numerasi Siswa Materi Bangun Ruang. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 255–264. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.24764

Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837–849. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849

Arikunto, S. (2022). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aufa, N. I., & Manoy, J. T. (2022). Student’s Mathematical Literacy in Solving Asesmen Kompetensi Minimum Question in Terms of Gender. MATHEdunesa, 11(1), 219–229. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p219-229

Aulia, M. P., & Mutaqin, A. (2022). Pengembangan Instrumen Numerasi pada Konteks Pertanian untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2454–2466. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1562

Darmastuti, L., Meiliasari, & Rahayu, W. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi: Materi, Kondisi Siswa, dan Pendekatan Pembelajarannya. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.03

Ernia, N., & Mahmudah, W. (2023). Pengembangan E-Modul berbasis Problem-Based Learning untuk Melatih Literasi Numerasi Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1612

Fauziah, I., Isnaniah, Aniswita, A., & Firmanti, P. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi pada Siswa Fase E.2 SMAN 1 Banuhampu Tahun Pelajaran 2022/2023. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), 011–022. https://doi.org/10.24014/juring.v7i1.25795

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 4(1), 49–55.

Khakima, L. N., Az Zahra, S. F., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 775–792. Pekalongan: UIN K.H. Abdurrahman Wahid. Diambil dari https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/430

Kohen, Z., & Nitzan-Tamar, O. (2022). Contextual Mathematical Modelling: Problem-Solving Characterization and Feasibility. Education Sciences 2022, 12(7), 1–13. https://doi.org/10.3390/educsci12070454

Kristianti, & Handayani, I. (2023). Analisis Literasi Numerasi Matematis Peserta Didik Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal AKM. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1379–1390. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17919

Kusumayanti, A., Rahmi, N., Hairunnisa, S., Amalya, R. P., & Fauzirah, S. (2023). Analysis of Students’ Learning Obstacles on PISA-based Uncertainty and Data Content. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(2), 181–201. https://doi.org/10.24252/ajme.v5i2.43148

Megawati, L. A., & Sutarto, H. (2021). Analysis Numeracy Literacy Skills in Terms of Standardized Math Problem on a Minimum Competency Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(2), 155–165. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i2.49540

Napsiyah, Nurmaningsih, & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 103–117. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Pujastuti, K. T., Agustika, G. N. S., & Wiyasa, I. K. N. (2024). Improving the Numeracy Skills Elementary School Students by Problem Based Learning Model. Mimbar PGSD Undiksha, 12(1), 57–63. https://doi.org/10.23887jjpgsd.v12i1.69233

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rastuti, M., & Setyaningrum, W. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Habits of Mind. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 550–566. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8680

Rosyada, A., Sumarni, W., Nuswowati, M., & Niyamae, A. N. (2025). Ethno-STEM-Integrated Enriched Chemistry Book to Equip Chemical and Numeracy Literacy. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 6(1), 125–135. https://doi.org/10.46843/jiecr.v6i1.1930

Sari, I. L., Irawan, E., Aristiawan, & Rokmana, A. W. (2021). Analisis Tingkat Penalaran Peserta Didik SMP dalam Memecahkan Masalah Soal Evaluasi Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 333–342. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.135

Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Maryono. (2021). Students’ Reflective Thinking in Mathematical Problem Solving. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2021v9n1a10

Siswanto, E., Rahayu, W., & Meiliasari. (2025). Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Systematic Literature Review. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 181–195. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.185

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Yani, I., Siregar, S. N., & Murni, A. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), 069–078. https://doi.org/10.24014/juring.v7i1.28002




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.37428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter