Kemampuan Literasi Statistik Siswa dalam Pembelajaran Abad 21: Systematic Literature Review dan Bibliometric Analysis

Indah Rahmania Ritmayanti, Turmudi Turmudi, Dadan Dasari

Abstract


Literasi statistik merupakan kompetensi kunci yang diperlukan siswa untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan data secara kritis dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era abad ke-21 yang ditandai dengan derasnya arus informasi berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji arah dan perkembangan studi mengenai literasi statistik siswa melalui pendekatan systematic literature review dengan metode PRISMA. Sebanyak 56 artikel yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2025 dianalisis secara sistematik dan bibliometrik menggunakan bantuan Publish or Perish dan VOSviewer. Hasil kajian menunjukkan adanya tren peningkatan jumlah publikasi sejak tahun 2018, dengan puncaknya pada tahun 2024, menandakan perhatian yang semakin besar terhadap literasi statistik dalam konteks pendidikan. Fokus utama penelitian banyak diarahkan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang dinilai sebagai fase strategis dalam pengembangan kemampuan ini. Pendekatan kualitatif mendominasi (87%) studi yang dianalisis, menunjukkan kecenderungan eksplorasi aspek proses berpikir dan pengalaman belajar siswa. Analisis co-occurrence kata kunci mengungkapkan tiga klaster utama: penguasaan literasi statistik oleh siswa, pengukuran kemampuan literasi dalam studi empiris, dan integrasi literasi statistik dalam pembelajaran abad ke 21. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa literasi statistik telah menjadi aspek fundamental dalam pendidikan modern. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar dapat mengembangkan peneliatian melalalui pendekatan kuantitatif atau mengeksplorasi pada jenjang pendidikan lain seperti sekolah dasar dan perguruan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Adarkwah, M. A. (2021). I’m not Against Online Teaching, but What About Us?: ICT In Ghana Post Covid-19. Education and Information Technologies, 26(2), 1665–1685. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10331-z

Andriatna, R., & Kurniawati, I. (2021). Analisis Level Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 619–632. https://doi.org/10.36526/tr.v5i2.1497

Büscher, C. (2022). Design Principles for Developing Statistical Literacy in Middle Schools. Statistics Education Research Journal, 21(1), 1–16. https://doi.org/10.52041/serj.v21i1.80

Chen, C. C., Wang, N. C., Tu, Y. F., & Lin, H. J. (2021). Research Trends from a Decade (2011–2020) for Information Literacy in Higher Education: Content and Bibliometric Mapping Analysis. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 58(1), 48–59. https://doi.org/10.1002/pra2.435

Dierker, L., Evia, J. R., Freeman, K. S., Woods, K., Zupkus, J., Arnholt, A., Moliski, E. G., Deckard, N. D., Gallagher, K., & Rose, J. (2018). Project-Based Learning in Introductory Statistics: Comparing Course Experiences and Predicting Positive Outcomes for Students from Diverse Educational Settings. International Journal of Educational Technology and Learning, 3(2), 52–64. https://doi.org/10.20448/2003.32.52.64

Duman, M., Taat, M. S., & Abdullah, M. K. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi ke Atas Sikap Guru terhadap Perubahan dalam Pendidikan Abad ke-21. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(6), 86–99. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i6.814

Emilia, N. R., & Amir, M. F. (2022). Treffinger Learning to Enhance Statistical Literacy Primary Student. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(3), 522–532. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.46115

Fachmi, N. M., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Model Inquiry Learning Berbasis Literasi Digital Untuk Mingkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1646–1652. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5558

Hariyanti, F., & Wutsqa, D. U. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika dan Peluang untuk Mengembangkan Statistical Literacy Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 46–58. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.14997

Latifah, A. N., Irianti, M., & Azizahwati, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran ICARE Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 102–111. https://doi.org/10.31849/zn.v6i1.18371

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA Statement for Reporting Systematic Reviews and Meta-Analyses of Studies that Evaluate Health Care Interventions: Explanation and Elaboration. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000100

Marchy, F., & Juandi, D. (2023). Student’s Statistical Literacy Skills (1980-2023): A Systematic Literature Review with Bibliometric Analysis. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 4(1), 31–45. https://doi.org/10.37303/jelmar.v4i1.105

Pham, N. T., Tran, D., Nguyen, A. T. T., & Huynh, B. T. (2024). High School Students’ Statistical Literacy Changes in a Flipped Classroom Environment: A Quasi-Experimental Study. Vietnam Journal of Education, 8(2), 91–101. https://doi.org/10.52296/vje.2024.365

Rohayati, S., Agustini, A., & Abdullah, A. A. (2020). Teaching an Undergraduate Statistics Class in Digital Era. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 371–373. https://doi.org/10.14421/icse.v3.530

Setiani, N. W., & Suyitno, A. (2021). Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 257–270. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.915

Shinta, O., & Agoestanto, A. (2025). Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Regulated Learning Siswa pada Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 8, 283–292.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Syarifuddin, S., Ilham, I., Anhar, A. S., Abdussahid, A., Umar, U., Ramadhan, S., & Kaharudin, K. (2024). Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar Digital Melalui Kegiatan Workshop pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bima. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.53299/bajpm.v4i2.386

Yusof, I.J. (2021). Assessing Statistical Literacy Level of Postgraduate Education Research Students in Malaysian Research Universities. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(5), 1318–1324. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i5.1800

Yuniawatika, Y. (2018). Statistical Literacy and its Urgency for Students. International Conference on Education Management and Administration, 269(CoEMA), 170–173. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.41




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.37382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter