Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Fungsi Eksponensial pada Siswa Fase E SMAN Pekanbaru

Fitri Rahmayani Nasution, Putri Yuanita, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi fungsi eksponensial. Penelitian ini. menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pekanbaru dengan subjek siswa kelas X-5 yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis sebanyak 4 butir soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada materi fungsi eksponensial tergolong dalam kategori rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi fungsi eksponensial. Rendahnya kemampuan penalaran matematis subjek terlihat pada  ketidakmampuannya dalam indikator: (1) melakukan manipulasi matematika, (2) menarik kesimpulan berdasarkan data yang teramati (generalisasi), dan (3) menganalisis situasi matematis menggunakan pola dan hubungan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan yang dilakukan siswa, terutama ketika soal yang diberikan memiliki bentuk yang berbeda dari contoh yang diajarkan. Selain itu, ditemukan adanya miskonsepsi, di mana beberapa siswa menganggap bahwa persamaan fungsi eksponensial sama dengan persamaan fungsi linear.

References


Elsyavira, Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMA. Pedagogy, 9(1), 2502–3802. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894

Harapit, S., Maimunah, & Hutapea, N. M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 2655–4518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.360

Henriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.); 1st ed.). PT Refika Aditama.

Marlan, Ratumanan, T. G., & Palinussa, A. L. (2023). Analisis Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Eksponen. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(2), 54–66. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss2year2023page54-66

Mendofa, J. S. K., Mendrofa, N. K., Harefa, A. O., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(4), 1798–1811.

Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Education and Development, 10(2), 535–537.

Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 377–385.

Santi, W., Irma, A., Revita, R., & Fitri, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(2), 185 – 192.

Setiawan, B., Luti, A., & Tetrosa Delila Pentaugus. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i2.25081

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Tangkoro, M., Monoarfa, J., & Maukar, M. G. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. Jurnal Gammath, 9(1), 48–61.

Taqiya, F. A., Hasanah, A., & Yulianti, K. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah (Studi Kasus pada Siswa SMA Materi Barisan dan Deret). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 529–540. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2492

Yadrika, G., Roza, Y., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Berorientasi pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(1).

Zudib, I. A., Berahman, & Samsuddin, A. F. (2024). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 4(2017), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.37051

Data citation

Instrumen tes ini merupakan hasil modifikasi dari Marlan, dkk (2023). DOI: https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss2year2023page54-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter