Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP

Refina Juliarida, Indah Widiati, Reni Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP Negeri 3 Gaung. Manfaat penelitian adalah memberikan informasi dan manfaat dalam pengembangan keilmuan untuk kedepannya dalam dunia pendidikan matematika khususnya yang berkaitan dengan model pembelajaran CORE serta pengaruhnya terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Gaung yang terdiri dari kelas VII A dan VII B dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 54 peserta didik. Instrumen  pengumpulan data yaitu tes berupa soal pretest-posttest. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yang meliputi; 1) Kemampuan koneksi antar topik matematika; 2) Kemampuan koneksi antar topik matematika dengan bidang studi ilmu lain; 3) Kemampuan koneksi dalam kehidupan sehari-hari. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji Independent sample t-Test. Terdapat selisih nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 23,15 dan kelas eksperimen 20,68 dan selisih nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 72,22 dan kelas kontrol 53,39. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Independent sample t-Test diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) < 𝛼 dengan α = 0,05 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) =0,003 (0,003 < 0,05). Hal ini berarti H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP Negeri 3 Gaung.

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Alfiyah, N. F., Rosdianti, I., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Confidence Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 289–295. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4469

Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32

Aryati, T. A., Santika, T., & Kartika, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA), ISBN: 978-602-60550-1-9:517-525. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.390

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936

Farida, E., Alauzi, F. A., & Luvy, S. Z. (2019). Analisis Koneksi Matematis Siswa dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. On Education, 1(4), 688–695.

Fatimah, A. E., & Khairunnisyah. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting- Organizing-Reflecting-Extending (Core). MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 51–58.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hermanudin. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Core Dan Kendalanya Pada Materi Teks Cerita Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 25. https://doi.org/10.30659/j.7.1.25-37

Hidayati, U., & Jahring, J. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4417

Lestari, K., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mardiana, M., Deswita, H., & Isharyadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Rambah. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 180–187. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.390

Murniati, M. P., Purnamasari, V., Ayu, S. D., Advensia, A., Sihombing, R., & Warastuti, Y. (2013). Alat-Alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Unika Soegijapranata.

Rosyidi, A. M. (2017). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian alternatif yang efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100–111.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Sohimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suripah, S., Pratiwi, A. W., & Agustyani, A. R. D. (2023). Challenges for junior high school mathematics teachers in preparing to implement the independent curriculum. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2), 186–198.

Suripah, Suyata, & Retnawati, H. (2018). Exploration of Pedagogical Content Knowledge Preservice Teacher For Analyzing Mathematics Understanding in Elementary School. AIP Conference Proceedings, 2014(1), 20018. AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/1.5054422

Triyanti, K., Jumroh, & Retta, A. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Math-Umb.Edu, 7(November), 9–18.

Utomo, E. S., & Rahman, F. (2022). Implementasi Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa SMP Selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1935–1945. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1383

Widiastika, N., & Kartika, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa: Studi Quasi Eksperimental. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 2(3), 173–185. https://doi.org/10.56855/jrsme.v2i3.490




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.36074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter