Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Fase D
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik Fase D. Penelitian quasy experimental design ini menggunakan nonequivalent control group design dan purposive sampling. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru yang terdiri dari 8 kelas. Kelas eksperimen VIII.7 menerima PBL, sedangkan kelas kontrol VIII.8 menerima pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 25 Juli sampai dengan 14 Agustus 2024. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis data dilakukan secara inferensial. Dalam penelitian ini berdistribusi normal, oleh karena itu analisis inferensial yang dilakukan hanya uji homogenitas dan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa thitung=2,65 dan ttabel=1,97, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti H0 ditolak maka H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik fase D.
Full Text:
PDFReferences
Aprila, B., & Fajar, A. A. (2022). Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Kmunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 15–29. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5408
Ariawan, R., & Zetriuslita. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif (Studi Kasus pada Mata Kuliah Persamaan Differensial). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1410–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.652
Ariska, E. L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 15 Pekanbaru. Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Karim, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pretasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 108–115. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1370
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Meriani, Khairil, & Kasmirudin. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Kepahiang. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1(1), 1–9. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Nale, M., Kaluge, A., & Manafe, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII. Journal of Education Research, 4(4), 2072–2080. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.543
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Pratiwi, A., & Rosita, N. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa MAN 1 Sumedang. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1), 39–46. https://doi.org/10.24014/sjme.v10i1.31076
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 793–801. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.26
Putri, F. M., Jupri, A., & Juandi, D. (2024). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v10i1.28017
Ratri, Y., Rezeki, S., Andrian, D., & Ariawan, R. (2022). Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(2), 94–103. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.564
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Septiani, U., & Zanthy, L. S. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 58–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42.
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Diambil dari https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20670
Zetriuslita, & Ariawan, R. (2017). The Effectiveness of Problem-Based Learning Materials In Improving Students ’Mathematical Critical Thinking Skills: A Study In Calculus Course. 6th International Conference on Education, Humanities and Social Sciences Studies (EHSS-17), 51–53. Singapore: EARHM.
Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016a). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66
Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016b). Students’ Critical Thinking Ability: Description Based on Academic Level and Gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154–164. Diambil dari https://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/29880
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.35870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: