Pendidikan Islam dan Matematika: Persepsi Siswa Madrasah pada Soal Integrasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap soal matematika terintegrasi Islam. Penelitian ini berjenis penelitian studi kasus, dengan pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX MTs N 2 Bukittinggi. Subjek diambil secara purposif yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket. Angket berisikan pernyataan terkait soal integrasi dan penilaian menggunakan skala Likert. Analisis dilakukan dengan statistik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian persepsi siswa pada soal integrasi: 58,4% siswa menyatakan pembelajaran menarik, 91,7% menilai menyenangkan, 50% termotivasi, dan 75% berpersepsi pembelajaran yang baru. Sebanyak 58,4% siswa menyatakan penggunaan soal integrasi lebih menarik, 58,4% siswa menyatakan pendidikan Islam tidak lepas dari matematika, dan 58,4% siswa berharap kepada guru untuk pembelajaran matematika dilaksanakan dengan integrasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, pembelajaran integrasi Islam dan matematika dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Disarankan kepada para guru dan dosen matematika untuk melaksanakan pembelajaran integrasi di kelas-kelas matematika.
Full Text:
PDFReferences
Aviola, N., Hayati, S., Pebria, W., Annisa, & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam terhadap Pembentukan Karakter Siswa. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 195–204. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i2.477
Azzuhro, M., & Salminawati. (2023). Integration of Mathematics Learning with Islamic Values in Elementary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(2), 397–413. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3000
Dari, D. W., Imamuddin, M., Husna, I., Ali, F. H., & Arnita. (2024). Persepsi Siswa terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(2), 106–117. https://doi.org/10.53491/jiep.v1i2.798
Ellianti, Annisa, D., Zaura, B., Maidiyah, E., Suryawati, Resti, P. C., & Sidratun, N. (2024). Students’ Mathematical Literacy Ability on Social Arithmetic Integrated with Islamic Contexts. Proceedings of the 2nd Annual International Conference on Mathematics, Science, and Tchnology Education (2nd AICMSTE), 139–147. Hongkong: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-216-3_15
Faisal. (2019). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-nilai Keislaman di SMP N 2 Langsa. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 41–63. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i2.7351
Faizah, N., Febriani, P. I., Saputri, N. E., & Imamuddin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Nilai-Nilai Moral. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 234–241. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i2.481
Febrianti, S., Imamuddin, M., & Isnaniah. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Hots Terintegrasi Nilai-Nilai Islami. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v4i1.1475
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Membelajarkan Matematika sebagai Bentuk Penguatan Karakter Peserta Didik. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 152–167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 346–352. Majalengka: FKIP Universitas Majalengka.
Fitriza, R., Putra, M. S., & Samad, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berwawasan Al-Qur’an dan Budaya Minangkabau dalam Pembelajaran Matematika Kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1159–1171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3212
Hasanah, R., Imamuddin, M., Isnaniah, & Kumalasari, H. Y. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Terintegrasi Islam. JUMAT: Jurnal Matematika, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.53491/jumat.v2i1.733
Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132
Imamuddin, M., & Isnaniah. (2023). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia : Integration and Interconnection of Islam and Science Journal, 19(1), 15–21. https://doi.org/10.14421/kaunia.3975
Imamuddin, M., & Isnaniah. (2024). Integration of Islam and Mathematics: Religious and Mathematics Education In Grand Mosque of West Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(2), 640–650. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4724
Imamuddin, M., Isnaniah, & Nufus, H. (2023). Integrasi Islam dalam Pembelajaran Matematika: Perspektif Calon Guru Matematika pada Perkuliahan Micro Teaching. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 3(2), 32–40. https://doi.org/10.61456/tjie.v3i2.100
Imamuddin, M., Isnaniah, Zulmuqim, Nurdin, S., & Andryadi. (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1928
Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah. (2022). Pengembangan Soal Literasi Matematika Terintegrasi Islam untuk Siswa Madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355–1371. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4830
Imron, F., Isnaniah, & Imamuddin, M. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Dilaksanakan secara Daring pada Masa Pandemi Covid -19 di SMK. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 167–176. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.16635
Marimba, A. D. (1996). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif.
Marlina, D., Imamuddin, M., Isnaniah, & Rahmat, T. (2023). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Matematika Terintegrasi Islam. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(4), 401–410. https://doi.org/10.24014/juring.v6i4.26452
Mayer, R. E. (2002). Rote versus Meaningful Learning. In Theory into Practice (Vol. 41). Ohio: Ohio State University Press. https://doi.org/10.1207/S15430421TIP4104_4
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Jakarta.
Nurjanah, M. (2021). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 13(2), 38–45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741
Pebria, W., Imamuddin, M., Isnaniah, & Ismirawati. (2024). Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Integrasi Nilai-Nilai Islam. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 99–107. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v4i2.2246
Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 155–163. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4200
Rahmi, Y., Wahyuni, C., Safitri, H., Aqsa, A. N., Nasrullah, A., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v4i1.1626
Septriansyah, A., Imamuddin, M., Isnanih, Jaafar, A., Langputeh, S., & Azira, V. (2024). Students’ Perceptions of Islam-Based Mathematics Learning. Al-Hashif: Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Islam, 2(1), 41–55.
Yulmaidar, Putra, R., & Imamuddin, M. (2023). Sekolah Unggul: Persepsi Siswa Terhadap Mutu Pendidikan SDIT ATTIN Kota Pariaman Sumatera Barat. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i3.499
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.35685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: