Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa

Jamiatul Hasanah, Zubaidah Amir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari self confidence siswa. Jenis penelitian ini yaitu Quasy Eksperiment dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Grup Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa, angket untuk mengukur  tingkat self confidence siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan anova dua arah. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung; terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari tingkat self confidence tinggi, sedang, dan rendah; dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Kata kunci: inquiry based learning; kemampuan berpikir kritis matematis; self confidence.


Full Text:

PDF

References


Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Atika, N., & Mz, Z. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. SJME (Suska Journal of Mathematics Education), 2(2), 103–110. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126

Azizah, Nurul Izatul. & Granita. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 311–322. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10681

Fitri, I., Chairani, N. S., & Nurdin, E. (2024). Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Segiempat melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Brain Based Learning. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(3), 205–212. https://doi.org/10.24014/juring.v7i3.22635

Fitri, W. J., Maimunah, M., & Suanto, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru pada Materi Persamaan Garis Lurus. Prisma (Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 592–600. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66798

Hendriana, dkk, H. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Metematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Indonesia, M. P. dan K. R. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, St. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.25

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 92-104. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627

Kebudayaan, K. P. dan. (2023). Laporan PISA 2022 Indonesia.

Khoirunnisa, P. H. dan P. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804.

Lestari, I., & Putri, N. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 87. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.391

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self Confidence Siswa Kelas X Ht 3 SMK Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 379. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p379-384

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 244. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.239-246

Prameswari, Giyanti. dkk. (2018). Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Negeri 3 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 35–40. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.522

Putri, Novia Eka, Edi Syahputra, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Budaya Minangkabau Terhadap Self-Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Panti. Paradikma : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–6. https://10.24114/paradikma.v11i3.22924

Ratnawati, S. dan. (2020). Panduan Model Inquiry Learning. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Safitri, A. D., & Mustika Sari, R. M. (2024). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 8–16. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5226

Saputra, D. (2023). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemamapuan Berpikir Kritis Matematis. Konstanta : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i1.2024

Sari, dkk, A. N. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 20–24. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, XI(1), 23–40.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yamin, M. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuhana, dkk. (2019). Pengaruh model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 16(1). 146–149.

Zahwa Amellia, Mutia Fonna, & Erna Isfayani. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VII MTsS Jabal Nur. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.491.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.33695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter