Pengembangan Modul Ajar Matematika Topik Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase D
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika topik bangun ruang sisi lengkung berbasis problem based learning untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis peserta didik fase D. Bentuk penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Hasil validasi pertemuan 1 sampai 6 pada modul ajar memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 93,3%,. Modul ajar memenuhi kriteria praktis dengan persentase 79,4% ,Keefektifan modul ajar dilihat berdasarkan rata-rata skor posttest kelas eksperimen yaitu 31,10 dan kelas kontrol 25,10 serta peningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis peserta didik dari kedua kelas sampel dilihat dari skor N-Gain kelas eksperimen 0,6917 dan kelas kontrol 0,2871. Kesimpulan dari pembahasan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan adalah telah menghasilkan produk berupa modul ajar berbasis problem based learning pada topik bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah matematis peserta didik fase D yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.416
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/JPD.V10I1.11183
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Amaliyah, S. (2022). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Kelas IX SMP Dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 50–60.
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pulsat Kulrikullulm Dan Pelmbellajaran Badan Standar, Kulrikullulm, Dan Aselsmeln Pelndidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/2/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.580
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Hartati, R., & Sholihin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 1(1), 1–5. https://ifory.id/proceedings/2015/z4pZjcJkq/snips_2015_risa_hartati_d0192fda0be14ba6c9353cf6e82ce612.pdf
Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.962
Istikomah, E., & Herlina, S. (2020). The Integral Calculus Module Through Mobile Learning In Mathematics Learning. Mathematics Research and Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.25299/mrej.2020.vol4(1).4149
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.
Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 394–405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.628
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057
Octaviana, A., Nuryani, P., & Robandi, B. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 3(3), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i3.20745
Purwaningsih, N. M. D., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), 153–159. https://doi.org/https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.530
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Riduwan, Husdarta, J. S., Rusyana, A., & Enas. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (III). Alfabeta.
Saragih, G. A., Rosadi, M., Sukmawati, Farida, L., & Samosir, J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kita Beragam Tetapi Tetap Satu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas II. 2(1), 194–199. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.100
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.33529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: