Korelasi Jumlah Hafalan Al-Qur’an Siswa dengan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara jumlah hafalan Al-Qur'an dan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain non-eksperimental dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas di Kabupaten Ponorogo dengan Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa yang diplih dengan teknik sampling stratified random sampling. Siswa dipilih secara acak dan diuji kemampuannya dalam menghafal Al-Qur'an serta menyelesaikan soal matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes yang terdiri dari tes hafalan Al-Qur’an dan tes kemampuan matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin banyak juz Al-Qur'an yang dihafal maka semakin tinggi skor matematika siswa. Secara spesifik, setiap tambahan satu juz hafalan Al-Qur'an meningkatkan skor matematika sekitar 1.76 poin. Penelitian ini menemukan bahwa hafalan Al-Qur'an berhubungan positif dengan kemampuan matematika dengan hasil penelitian yang menjelaskan sekitar 45% variasi dalam hasil matematika siswa. Temuan ini mendukung ide bahwa menghafal Al-Qur'an dapat membantu memperbaiki kemampuan kognitif yang penting untuk menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menyarankan agar hafalan Al-Qur'an bisa menjadi bagian dari program pendidikan matematika untuk meningkatkan keterampilan siswa.
Kata kunci: hafalan al-qur’an; korelasi; masalah matematika
References
Anwar, A. S., Tobroni, & Faridi. (2024). Integrasi sistem pendidikan madrasah ibtidaiyah dan pendidikan umum dalam mewujudkan sistem pendidikan nasional. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 9(2), 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i2.28000.
Baddeley, A. (2010). Working memory. Current Biology, 20(4), R136–R140. https://doi.org/10.1016/j.cub.2009.12.014.
Cowan, N. (2014). Working Memory Underpins Cognitive Development, Learning, and Education. Educational Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-013-9246-y.
Fazli, M., Nirwana, H., & Neviyarni. (2025). Membangun Disiplin Siswa Melalui Keteladanan dan Pembelajaran Sosial: Pendekatan Teori Sosial Kognitif di Sekolah. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 02(12), 175–180. https://doi.org/https://doi.org/10.5281 /zenodo.15642552.
Ikhsana, A., Anwar, L., & Sisworo. (2025). Teori Pemrosesan Informasi Menggunakan Media Kahoot ! Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(5), 835–848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.25006.
Kahfi, M., & Syairozi, I. (2025). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan, 23(2), 279–296. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri.2025.23.2.279-296.
Lillah, Q. (2022). Pengaruh Hafalan Al Qur’an Terhadap Aspek Psikologis Dan Motivasi Belajar Hafidz Hafidzah Al Qur’an. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(2), 371. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8520.
Luthfiyyah, L., Masnawati, E., & Masfufah. (2025). Dampak Kegiatan Tahfidz Al- Qur ’ an terhadap Motivasi Belajar Siswa di Universitas Sunan Giri Surabaya. Reflection Journal, 5(1), 292–303. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/rj.v5i1.2834.
Maftukhah, N. A. (2018). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah. Jurnal al–Hikmah, 2(2), 1–10.
Maulidin, S., & Jamil, M. A. (2024). Pengaruh menghafal al- qur’an terhadap peningkatan aspek kognitif. Al-Bustan Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128–140. https://doi.org/https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.79.
Nurnaningsih, M., Khuriyah, Rifa’i, A. A., & Supriyanto. (2021). Kontribusi Metode Muroja ’ ah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam: Al I’tibar, 8(2), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2
Rangkuti, C., Ependi, R., Tumiran, & Rahma, R. (2024). Menguak Rahasia Kecerdasan: Teknik Inovatif Menghafal Al-Qur’an Melalui Pendekatan Multiple Intelegensi (1 ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rizqiyah, F., Syam, R. S. El, & Farida, N. (2024). Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Kecerdasan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Di SMP Takhassus Al- Qur ’ an Wonosobo. JMPAI : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 249–261. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.405.
Rofiq, A., & Khoirinnada, N. A. (2024). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 33–43. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.8.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336.
Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K. (2022). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3498.
Syahrudin, Luhulima, Y. A., & Khozin, N. (2021). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pai Fitk Iain Ambon. Al-Iltizam: Jurnal pendidikan Agama Islam, 6(2), 11-38
Zainab, S., & Yoza, K. N. (2024). The Effect Of Self-Regulation On Academic Stress Among Tahfidz Students At Ma Ulumul Qur’an Pagar Air. Alacrity : Journal of Education, 190–202. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i3.435
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.32001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: