Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy melalui Penerapan Model Planning Monitoring Evaluating (PME)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model Planning Monitoring Evaluating terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis jika ditinjau dari self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial experiment. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X.C sebagai kelas eksperimen dan kelas X.D sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self-efficacy, lembar observasi guru dan Lembar Kendali Keterlaksanaan (LKK) PME. Analisis data yang digunakan yaitu uji Anova dua arah. Berdasarkan hasil analisisnya didapati kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran PME dengan peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Adetia, R., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. ejournal.unma.ac.id, 8(2), 526–536. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2036
Amin, I., Sukestiyarno, Waluya, B., & Mariani. (2021). Model Pembelajaran PME: Planning-Monitoring-Evaluating: Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Azzahra, T. R., & Mariani, S. (2022). Mathematical Problem Solving Skills Reviewed from Students’ Metacognition Performance in Online-Based PME Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 11(1), 48–57. https://doi.org/10.15294/ujme.v11i1.54664
Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. INSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 21–30. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.2958
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Kuzle, A. (2013). Patterns of Metacognitive Behavior During Mathematics Problem-Solving in a Dynamic Geometry Environment. International Electronic Journal of Mathematics Education, 8(1), 20–40. https://doi.org/10.29333/iejme/272
Loviasari, P. A., & Mampouw, H. L. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Himpunan Ditinjau dari Self Efficacy. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 73–84. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika : Cara Siswa Memperolah Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta.
Maulana, A. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 193–200. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2492
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: IRIDH. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/338819078
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2016. Jakarta.
Nurmawati, R. D., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di Desa Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 135–146. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12307
Nurseha, S. M., & Apiati, V. (2019). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Self Efficacy Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 0(0). Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: PISA-OECD Publishing.
Prasetyoningrum, F. D., & Mahmudi, A. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(4), 19–27. https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6971
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Rahmawati, A., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 79–90. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.979
Safithri, R., Syaiful, & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Sarah, Y. D., Ariawan, R., & Nufus, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher order Thinking Skills ditinjau dari Self Efficacy. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 71–82. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.18838
Schraw, G., & Moshman, D. (1995). Metacognitive theories. Educational Psychology Review, 7(4), 351–371. https://doi.org/10.1007/BF02212307
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, & Nufus, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Software Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 4(1), 26–34. https://doi.org/10.33578/prinsip.v4i1.99
Suryani, L., Fadila, A., & Andriani, S. (2024). Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 263–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana university Press.
Wang, Y., & Sperling, R. A. (2020). Characteristics of Effective Self-Regulated Learning Interventions in Mathematics Classrooms: A Systematic Review. Frontiers in Education, 5, 1–17. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00058
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.29487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: