Profil Pengajaran Guru Matematika Terhadap Pengelolaan Kelas untuk Siswa SMP pada Materi Bilangan Berpangkat

Echa Dwi Aprilia, Laila Nurfitriya, Silvia Cahya Ningrum, Imam Rofiki

Abstract


Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya interaksi dalam lingkungan belajar siswa dan pengelolaan kelas guru yang kurang optimal. Padahal, pengelolaan kelas oleh guru dapat memainkan peran krusial dalam memaksimalkan kualitas pembelajaran siswa. Penggunaan metode pengajaran yang beragam dapat membantu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan kebutuhan individual siswa dan memberikan dukungan serta bantuan tambahan kepada siswa yang membutuhkannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pengajaran guru dalam mengelola kelas matematika pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah 34 siswa kelas 7C dan satu guru matematika SMP Laboratorium UM Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui 3 tahap, yaitu proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran guru yang telah menerapkan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (Student-Centered Learning) dan pendekatan secara personal membuat pengelolaan kelas menjadi efektif. Guru juga berhasil memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan dapat membuat siswa lebih minat untuk belajar matematika. Selain itu, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menstimulasi siswa untuk berpikir dan guru memberikan penguatan positif terhadap keaktifan siswa di kelas. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan matematika, khususnya pengelolaan kelas matematika yang efektif dan dapat digunakan sebagai panduan untuk membelajarkan materi bilangan berpangkat secara konstruktif.


Full Text:

PDF

References


Azhari, A. N., Imamuddin, M., & Elianis, E. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas X SMKN 2 Bukittinggi. Jurnal KOLONI, 1(4), 281-288.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351-370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842.

Candra, P. N., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) guru dalam pengembangan dan implementasi rencana pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-177. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p166

Cevikbas, M., & Kaiser, G. (2020). Flipped classroom as a reform-oriented approach to teaching mathematics. ZDM Mathematics education, 52(7), 1291-1305. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01191-5.

Daryana. (2019). Pengelolaan pembelajaran matematika studi kasus pada siswa kelas X SMK. Manajemen pendidikan, 13(2), 72–81. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6398

Firdausy, F. H., Rofiki, I., Zulfaidany, S. N., & Mauladana, R. C. (2023). Profil pengelolaan kelas guru matematika SMA pada materi lingkaran. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(4), 373-390. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.26335

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hamit, O. Z. E. N., & Yildirim, R. (2020). Teacher perspectives on classroom management. International Journal of Contemporary Educational Research, 7(1), 99-113. https://doi.org/10.33200/ijcer.645818

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15-2. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97

Kadir, V. T., Nurwan, N., Zakiyah, S., & Mohidin, A. D. (2022). Deskripsi kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan berpangkat di SMP Negeri 1 Biluhu. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 38-47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.13279

Kariadinata, R., Juariah, J., Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan komunikasi dan pengelolaan kelas calon guru matematika. Jurnal Analisa, 5(1), 68-83. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4826

Mahmudah. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Mantra, I. B. N., Widiastuti, I. A. M. S., & Pramawati, A. A. I. Y. (2020). Peningkatan kompetensi mengajar secara online bagi para guru selama pan demi Virus Corona. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 1(1), 12-20.

Marder, J., Thiel, F., & Göllner, R. (2023). Classroom management and students' mathematics achievement: The role of students’ disruptive behavior and teacher classroom management. Learning and Instruction, 86, 101746. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101746

Maulidah, Y., Karjiyati, V., & Yusuf, S. (2019). Pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 42 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 61–70.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. New York: Sage Publications, Inc.

Minsih, & Diniarti, G. A. (2018). Peranan guru dalam pengelolaan kelas. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 5(1), 192–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Mukminin, M. N., Amelia, R. P., Haq, R. F., & Rofiki, I. (2023). Profil pengajaran guru matematika terhadap kemampuan pengelolaan kelas berbasis Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) pada materi pertidaksamaan rasional. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 291-310. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.291-310

Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan perubahan dari TCL (Teacher Center Learning) ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 76-86.

Ningrum, D. E. A. F., Saefi, M., Nurrohman, E., & Rofiki, I. (2022). Evaluation on lesson plans of elementary pre-service teachers fostering HOTS within Shulman’s Framework. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(1), 159-174. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v10i1.14461

Nurhalisah. (2010). Peranan guru dalam pengelolaan kelas. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192-210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Nurani, U., Sulistiani, I. R., & Dewi, M. S. (2020). Pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 143–147.

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç. K. (2018). Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253-1261.

Parnata, I., Maharani, L. P., Hidayat, L., Pramudia, T. E, & Rofiki, I. (2023). Profil pengajaran guru matematika berdasarkan kemampuan pengelolaan kelas di Sekolah Menengah Pertama. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 1–14.

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical content knowledge guru dalam pembelajaran matematika daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 281-292.

Rosyid, A. (2016). Technological pedagogical content knowledge: sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (pp. 446-454).

Salmiah, M., Rusman, ِA. A., & Abidin, Z. (2021). Konsep dasar pengelolaan kelas dalam tinjauan psikologi manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41–60. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i1.185

Sandoval, I., García-Campos, M., & Sosa, L. (2022). Providing support and examples for teaching linear equations in secondary school: The role of knowledge of mathematics teaching. International Journal of Science and Mathematics Education, 21(4), 1265-1287. https://doi.org/10.1007/s10763-022-10283-5

Sobandi, A. (2010). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMKN Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. Jurnal Manajerial, 9(2), 25-34.

Suhartono, S., & Setiyawan, H. (2017). Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah materi bilangan berpangkat dan logaritma. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 43-51.

Sulastri, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Tanfidiyah, N. (2017). Pengembangan peraturan kelas sebagai upaya kuratif terhadap perilaku menyimpang siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV MIN Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 291-307. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-07

van Dijk, W., Gage, N. A., & Grasley‐Boy, N. (2019). The relation between classroom management and mathematics achievement: A multilevel structural equation model. Psychology in the Schools, 56(7), 1173-1186. https://doi.org/10.1002/pits.22254

Warsono, S. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.

Youngs, P., Elreda, L. M., Anagnostopoulos, D., Cohen, J., Drake, C., & Konstantopoulos, S. (2022). The development of ambitious instruction: How beginning elementary teachers’ preparation experiences are associated with their mathematics and English language arts instructional practices. Teaching and Teacher Education, 110, 103576. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103576

Zhu, Y., & Kaiser, G. (2022). Impacts of classroom teaching practices on students’ mathematics learning interest, mathematics self-efficacy and mathematics test achievements: a secondary analysis of Shanghai data from the international video study Global Teaching InSights. ZDM–Mathematics Education, 54(3), 581-593. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01343-9




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.29140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter