Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa

Santi Anggina, M Imamuddin, Aniswita Aniswita, Risnawita Risnawita

Abstract


Permasalahan yang ditemukan di kelas VIII SMPN 2 Batang Anai yaitu rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa menjadi acuan penelitian ini dilaksanakan. Peneliti menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing karena strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII SMPN 2 Batang Anai tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Batang Anai tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematika siswa yang dikumpulkan melaluiteknik tes. Berdasarkan hasil analisis tes meggunakan uji-t diperoleh  dan = 1,67 sehingga diperoleh  berarti  ditolak dan   diterima pada tarap nyata  = 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2023/2024”.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. (2018). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi . Banda Aceh: Yayasan Pena.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.

Hannum. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Ceramah terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal Of islamic education, 1(1), 36–54.

Ismayanti, S., & Deddy, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036

Isnaniah, & Imamuddin, M. (2017). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran berasarkan Gender. HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 1(2), 13–23. https://doi.org/10.30983/jh.v1i2.254

Mahmudi. (2006). Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: PMIPA UNY.

Meirani, M., & Mardiana, D. (2021). Penerapan Startegi Pembelajaran Active Knoledge Sharing untuk Meningkatkan Minat dan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 6(1), 034–040. https://doi.org/10.30999/ujmes.v6i1.1733

Ni’mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 43–59. https://doi.org/10.15294/JPK.V3I1.10480

Nisak, S., Zaura, B., & Annisa, D. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.289

Nurdiana, A., & Haryanto. (2019). Pengaruh Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 211–222. https://doi.org/10.12345/lentera.v12i2.362

Oktasari, D., Jumadi, Warsono, Hariadi, M. H., & Syari, E. L. (2019). 3D Page-Flipped Worksheet on Impulse-Momentum to Develop Students’ Scientific Communication Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 211–219. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.15737

Purwati, H., & Wuri, D. E. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.155

Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa setelah Diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing ketika Pembelajaran Daring. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 247–251.

Satriawati, G., Musyrifah, E., & Purwanto, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing t terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4961

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, H. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dam Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Maju, 4(2), 42–54.

Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Matematika Sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Sesiomadika 2019, 2(1e), 1183–1192. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042115

Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawati, & Supeno. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem based Learning pada Materi Kalor dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15237

Wijaya, H. P. I., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai dengan Gender dalam Pemecahan Masalah pada Materi Balok dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778–788.

Yulisma, L., & Mariana, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing terhadp Aktivitas Belajar Siswa di SMA N 2 Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(2), 5–8. https://doi.org/10.25157/wa.v5i2.1516

Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.28932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter