Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal Al- Qur’an terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus dengan jumlah peserta didik kelas VIII adalah 161 orang. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dimana sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan rata-rata populasi. Dalam penelitian ini, peneliti memilih kelas VIII D dengan jumlah 32 peserta didik sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan dengan teknik tes, angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Analisis regresi linier sederhana ini sebelumnya dilakukan uji analisis kondisional dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus, (2) Besarnya pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika adalah 73,7%, sehingga semakin tinggi kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik maka akan meningkatkan prestasi belajar matematikanya.
Full Text:
PDFReferences
Adiwijayanti, D. D., Purwati, H., & Sugiyanti, S. (2019). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 109. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4771
Afrianti, & Imamuddin, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 131–142. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6013 Pengaruh
Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Siswa. At- Tarbawi, 11(1), 42–53. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v11i2.1029
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Diba, I. F., & Muhid, A. (2022). Proses Kognitif Pada Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 32–43.
Hambrick, D. Z., & Engle, R. W. (1999). The Role of Working Memory in Problem Solving. Georgia Technology Institute.
Hikmah, A., Asiah, M., & Imamuddin, M. (2023). Hubungan Kemampuan Hafalan Al- Qur ’ an dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Ta’diban, 4(1), 27–34.
Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal STAIN Kudus, 2. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.29240%2Fjf.v2i2.310
Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 15(2), 283–295. https://doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.137
Kurniati, A. (2015). Mengenal Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Jurnal of Mathematics Education UIN Suska Riau, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Maulidin, S., & Jamil, M. A. (2024). Pengaruh Menghafal Al- Qur’an terhadap Peningkatan Aspek Kognitif. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128–140. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.79
Nafiah, L. ’Inayatun, & Wahyuni, F. T. (2023). Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i1.537
Noperta. (2023). Analysis of Mathematical Concepts in the Quran. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29300/equation.v6i1.3482
Noverli, M. F., Cahya, E., Asih, M., & Juandi, D. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII Penghafal Al-Qur’an pada Materi Peluang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 03(02), 285–294. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1783
Novianti. (2021). Pengaruh Kebiasaan Menghafal Al- Qur ’ an Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69–77.
Nurhayati, T., Pasaribu, N. A., & Oktaviola, R. (2023). Pengaruh Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Matematika. 2(2), 188–194.
Nurul, T., & Rusady, A. T. (2022). Correlation Between Memory An Qur’an With Student Learning Achievement at Ash-Shohwah Integrated Islamic Junior High School, Berau- East Kalimantan. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 289–304.
Sa’dulloh. (2011). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Gema Insani.
Suryabrata, S. (2006). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.
Tantri, R. A., & Soro, S. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 589. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4636
Wahyuni, F. T., Masduki, P. N., & Kurniawan, G. (2021). Hubungan Technology Integration Self Efficacy (TISE), Kreativitas, dan Entrepreneurial Intention Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 107. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12084
Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan antara Kelelahan, Motivasi Belajar, dan Aktivitas Fisik terhadap Tingkat Prestasi Akademik. Jurnal Biomedik:JBM, 12(2), 125. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.28501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: