Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

Santi Wirdaningsih, Ade Irma, Rena Revita, Irma Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan pembelajaran mealningful instructionall design terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan mempertimbangkan minat belajar sebagai variable moderator. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Instrumen penelitian meliputi soal posttest kemampuan penalaran matematis, lembar angket minat belajar siswa, dan lembar observasi. Semua instrumen telah divalidasi sebelumnya untuk memastikan kecocokan dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur untuk menguji tiga hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran meaningful instructional design secara signifikan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Selain itu, minat belajar siswa juga mempengaruhi kemampuan penalaran matematis mereka, meskipun tidak terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan mealningful instructionall design untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah menengah.


Full Text:

PDF

References


Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75. ttps://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama.

Irwan, A., & Murti, R. C. (2023). Pengaruh Model Meaningful Instruction Design Dengan Pendekatan RME Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 625-635. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6292

Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121-128. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/view/206

Lestari, K.E., & Yudhanegara, R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. CV IRDH.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Parama Ilmu.

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkaitan Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 29-42. http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.240

Purnama, R., & Fadli, V.P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 15–18.

Putri, Y., Rismen, S., & Ramadoni. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar pada Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 2085-2098. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18738

Rizqi, N. R., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability In VIII Grade of Sabilina Tembung Junior High School. Journal of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 3527–3533.

Rosita. (2019). Pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsN Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 13–40. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.796

Sekarini, I. G. A., Suparta, I. N., & Astawa, I. W. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) Berorientasi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4 Seririt. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 86-94. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2822

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Winda, A., & Fitrianna, A.F. (2018). Hubungan Minat Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p93-98




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.28319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter