Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model CTL Ditinjau Dari Kemandirian Belajar di Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model CTL terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari tingkat kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen faktorial dan sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, angket, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen yang digunakan yakni soal tes kemampuan koneksi matematis, lembar angket kemandirian belajar, lembar observasi dan dokumen-dokumen penting. Data dianalisis dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarakan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: Ada perbedaan signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model CTL dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. Kemudian ada perbedaan signifikan pada kemampuan koneksi matematis berdasarkan tingkat kemandirian belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah. Lalu disimpulkan juga bahwa tidak ada interaksi antara penggunaan model CTL dan tingkat kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa. Secara umum, hasil ini menunjukkan bahwa model CTL efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan tingkat kemandirian belajar mereka di MTs Darul Hikmah Kota Pekanbaru, sehingga model ini bisa menjadi alternatif untuk proses pembelajaran di sekolah
Kata kunci: kemampuan koneksi matematis; kemandirian belajar; model contextual teaching and learnig (CTL).
Full Text:
PDFReferences
Andiarani, M., dan Nuryana, D. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1785–1795. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.171.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Penerbit: Gava Media.
Fadilia, P. N., dkk. (2019). Penerapan Contextual Teaching And Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b).
Hadin, H., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p657-666.
Halomoan Harahap, T. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(2), 152–161. https://doi.org/10.36294/jmp.v1i2.142.
Hasanah, E. N., dan Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segiempat di SMP. JIPMat : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 85–91. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.7985.
Hendriana, H., dkk. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Isrok’atun, dan Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakart: PT. Bumi Aksara.
Jalaludin, M., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs Kelas VII pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 695–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p695-702.
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Menteri Pendidikan, & Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Millaty, V. N. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat. Jurnal Didactical Mathematics, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1020.
Nasruddin., dkk. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 15-21. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.377.
Rahmadani, E. (2019). Pengaruh penggunaan model contextual teaching and learning (ctl) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 75–83. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.797.
Rahmadeni, F., dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 225. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.9789.
Sabroni, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55–68. https://www.academia.edu/download/53589585/6._Doni_Sabroni_55-68.pdf
Siagian, R. E. F., dkk. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1798–1805. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1597.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Widonda, M. I., dkk. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. JSM : Journal Of Songke Math, 1(2), 47-57.
Yenti, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(1), 31–38.
Yudha, A. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 79–83. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7533
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.28155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: