Implementasi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa kelas SMPN 20 Pekanbaru menjadi salah satu masalah yang melatar belakangi penelitian ini. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 siswa di kelas SMPN 20 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus berbeda dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data digunakan sebagai instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, dan LAS. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar observasi dan lembar tes kemampuan literasi numerasi siswa. Data dari instrumen pengumpul data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis tes literasi numerasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan literasi numerasi siswa pada siklus I adalah 77,16, kemudian meningkat menjadi 88,97 pada siklus II.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., & Mulyati, T. (2018). Pembelajaran Literasi. Bumi Aksara.
Afrilina, A. R., Haryono, Y., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Indah, N., Mania, S., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a4
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta.
Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Pada Era Merdeka Belajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), Article 3. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.
Putra, J., & Yulita. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XII MIPA2 SMAN 12 Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.32
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Sari, I. L., Irawan, E., Aristiawan, A., & Rokmana, A. W. (2021). Analisis Tingkat Penalaran Peserta Didik SMP dalam Memecahkan Masalah Soal Evaluasi Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.135
Suharsimi, A., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 44–52.
Wati, G. L., & Syafitri, E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM. Jurnal Mathematic Paedagogic, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2821
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.28002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: