Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Matematika Terintegrasi Islam

Defi Marlina, M. Imamuddin, Isnaniah Isnaniah, Tasnim Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) matematika terintegrasi Islam siswa  kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek. Subjek diambil berdasarkan rentang nilai kemampuan awal masing-masing subjek merupakan rekomendasi guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS terdapat pada semua subjek penelitian tergolong sangat rendah. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS Matematika terintegrasi Islam siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu dilihat berdasarkan pencapaian perindikator. Kemampuan siswa untuk Indikator menganalisis (C4) dengan persentase sebesar 58,6% kriteria  rendah, indikator mengevaluasi (C5) dengan persentase sebesar 28,8% kriteria sangat rendah, dan pada indikator mencipta (C6) dengan persentase sebesar 27,5% kriteria sangat rendah. Secara keseluruhan siswa kelas XI.IPA.1 MAS Sumatera Thawalib Parabek memiliki kemampuan sangat rendah dalam menyelesaikan soal HOTS Matematika terintegrasi Islam

Full Text:

PDF

References


Afridinata, H., Samad, D., & Kosim, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Program Pendidikan Bernuansa Surau dan Budaya Minangkabau. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(1), 47–66. https://doi.org/10.15548/turast.v6i1.687

Ariawan, R., Rugayah, Effendi, L. A., & Sarah, Y. D. (2023). Integrasi Nilai Keislaman dalam Soal Hots Matematis. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(3), 118–125. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i3.27

Astutik, P. P. (2016). Integrasi Penguatan Ppendidikan Karakter (PPK) dan Higer Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Tematik SD. Seminar Nasional Pendidikan, 343–354.

Faruq, U., & Huda, M. M. (2020). Bahsa Arab Berbasis Peningkatan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills) (Kajian Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Step 2 Kemenag RI). Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 1–20.

Fatra, M., & Jatmiko, M. (2021). The Analysis of “HOTS” in Mathematic of Indonesia’s Madrasah Tsanawiyah Students. Emerging Trends in Technology for Education in an Uncertain World, 101–108. https://doi.org/10.1201/9781003219248-13

Febrianti, S., Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Hots Terintegrasi Nilai-Nilai Islami. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v4i1.1475

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. 1(1), 34–48.

Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2023). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(1), 15–21. https://doi.org/10.14421/kaunia.3975

Imamuddin, M., Isnaniah, I., & Nufus, H. (2023). Integrasi Islam Dalam Pembelajaran Matematika: Perspektif Calon Guru Matematika Pada Perkuliahan Micro Teaching | TA’DIBAN: Journal of Islamic Education. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 3(2), 32–40. https://doi.org/10.61456/tjie.v3i2.100

Kurniawan, R., Nasution, A. F., Hasibuan, Z., Afrida, A., & Ritonga, W. A. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kompetensi Sains Madrasah Tsanawiyah Berbasis Hight Order Thingking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16–20.

Muadz, & Salahuddin, R. (2020). Buku Ajar Paradigma Baru. Sidoarjo: Umsida Press.

Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh Berpikir Kreatif dan Percaya Diri TerhadapKemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nafiati, D. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nasution, N. S. S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran PBI terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Barumun Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(3), 70.

Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier ( Sebuah Studi Pengembangan ). Jurnal Gantang, 6(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556

Pramudya, I., Mardiyana, Sutrima, Sujatmika, P., Aryuna, D. R., Umbarno, & Sulawestio. (2021). Pelatihan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan “MIKiR” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Guru Matematika Sekolah Menengah Atas Kabupaten Brebes. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 5(6), 281–287.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiani, E. (2015). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. 605–612.

Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Cess (Journal of Computer Engineering, System and Science), 3(1), 7–13. https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada Peserta. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Viviang, T., Susilawati, S., & Syaripah, S. (2020). Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOST) pada Sekolah Dasar (IAIN Curup). IAIN Curup.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.26452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter