Modul Matematika Berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) Terintegrasi Nilai Keislaman di SMA/MA Pekanbaru

Suci Yuniati, Arnida Sari, Wapajjarna Wapajjarna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan dari modul matematika berbasis ICARE terintegrasi nilai keislaman pada materi statistika kelas XIII SMA/MA. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase validitas ahli teknologi pada modul yaitu  87,2% dengan kriteria “valid”. Persentase validitas ahli materi yaitu 87,90% dengan kriteria “valid“. Untuk persentase kepraktisan angket respon peserta didik pada modul yaitu 77,35% dengan kriteria “praktis”, Dan adapun persentase efektifitas dari hasil soal posttest yaitu 82,86% dengan kriteria “efektif”. Dengan demikian modul matematika berbasis ICARE terintegrasi nilai keislaman pada materi statistika kelas XII SMA/MA telah teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Sehingga modul layak untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP/MTs Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) Pada Materi Interaksi Makhluk (UIN Sultan Syarif Kasim Riau). UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Haryanti, D., Septiana, N., & Lestariningsih, N. (2020). Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Materi Sistem Reproduksi Kelas IX SMPN 4 Katingan Kuala. Journal of Biology Learning, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.32585/.v2i1.561

Hasyim, M. (2023). Penggunaan Model ICARE dengan Media Make and Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI. Jurnal Pusaka, 13(01), 96–108. https://doi.org/10.35897/ps.v13i01.1137

Junaidi, N. S., Hatika, R. G., & Sani, F. M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extentation). Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.61761/biochamp.1.2.63-70

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Khuluqo, I. El. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar: Metode Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muryati, M., Vahlia, I., & Farida, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis ICARE Berbantuan Flippingbook pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2821–2832. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6686

Nikmaturrahma, Khikmiyah, F., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection dan Extention) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.Edu, 10(2), 68–80. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4706

Nisak, W. A. (2022). Konsep Belajar Menurut Islam dan Para Tokoh Islam. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.51675/jp.v4i1.207

Parni. (2023). Konsep Belajar Menurut Islam. Konsep Belajar Menurut Islam, 3(1), 1–10.

Ponidi, P., Dewi, N. A. K., Trisnawati, T., Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., … Utami, B. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: Penerbit Adab.

Putra, R. W. Y., Azmi, N. N. N., Ambarwati, R., Leni, N., Fadila, A., & Dewi, N. R. (2024). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Nilai Keislaman dan Situation based Learning. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 209–220. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14977

Putu, N., Ayuningsih, M., Gus, K., & Ciptahadi, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks), 1(1), 152–155.

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 110–124. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874

Rahmadhani, S., Siahaan, A., & Jaya, I. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Era pandemi Covid 19. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 239–245.

Rihandoko, Andrini, V. S., & Patmaningrum, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbantu Aplikasi Desmos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMK Nu Pace. Dharma Pendidikan, 19(1), 28–36. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.507

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhandri, S., & Syahwela, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Keislaman untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 926–937. https://doi.org/10.31004/cendekia.V8i2.2228

Syamsuar, S., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2021). Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam untuk Meningkatkan Religiusitas dan Hasil Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827

Walidah, N. Z., Alghar, M. Z., Abdussakir, A., & Smeer, Z. B. (2024). Integrasi Islam dan Sains: Telaah Terhadap Konsep Matematika dalam Hadits Keutamaan Membaca Shalawat. Lentera, 6(1), 16–26. https://doi.org/10.32505/lentera.v6i1.8717

Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. Infinity Journal, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.P182-189

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.26212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter