Modul Matematika Berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) Terintegrasi Nilai Keislaman di SMA/MA Pekanbaru
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP/MTs Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) Pada Materi Interaksi Makhluk (UIN Sultan Syarif Kasim Riau). UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Haryanti, D., Septiana, N., & Lestariningsih, N. (2020). Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Materi Sistem Reproduksi Kelas IX SMPN 4 Katingan Kuala. Journal of Biology Learning, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.32585/.v2i1.561
Hasyim, M. (2023). Penggunaan Model ICARE dengan Media Make and Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI. Jurnal Pusaka, 13(01), 96–108. https://doi.org/10.35897/ps.v13i01.1137
Junaidi, N. S., Hatika, R. G., & Sani, F. M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extentation). Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.61761/biochamp.1.2.63-70
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Khuluqo, I. El. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar: Metode Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muryati, M., Vahlia, I., & Farida, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis ICARE Berbantuan Flippingbook pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2821–2832. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6686
Nikmaturrahma, Khikmiyah, F., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection dan Extention) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.Edu, 10(2), 68–80. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4706
Nisak, W. A. (2022). Konsep Belajar Menurut Islam dan Para Tokoh Islam. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.51675/jp.v4i1.207
Parni. (2023). Konsep Belajar Menurut Islam. Konsep Belajar Menurut Islam, 3(1), 1–10.
Ponidi, P., Dewi, N. A. K., Trisnawati, T., Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., … Utami, B. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Indramayu: Penerbit Adab.
Putra, R. W. Y., Azmi, N. N. N., Ambarwati, R., Leni, N., Fadila, A., & Dewi, N. R. (2024). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Nilai Keislaman dan Situation based Learning. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 209–220. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14977
Putu, N., Ayuningsih, M., Gus, K., & Ciptahadi, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks), 1(1), 152–155.
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 110–124. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874
Rahmadhani, S., Siahaan, A., & Jaya, I. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran ICARE untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Era pandemi Covid 19. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 239–245.
Rihandoko, Andrini, V. S., & Patmaningrum, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) berbantu Aplikasi Desmos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMK Nu Pace. Dharma Pendidikan, 19(1), 28–36. https://doi.org/10.69866/dp.v20i1.507
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhandri, S., & Syahwela, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Keislaman untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 926–937. https://doi.org/10.31004/cendekia.V8i2.2228
Syamsuar, S., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2021). Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam untuk Meningkatkan Religiusitas dan Hasil Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827
Walidah, N. Z., Alghar, M. Z., Abdussakir, A., & Smeer, Z. B. (2024). Integrasi Islam dan Sains: Telaah Terhadap Konsep Matematika dalam Hadits Keutamaan Membaca Shalawat. Lentera, 6(1), 16–26. https://doi.org/10.32505/lentera.v6i1.8717
Yumiati, Y., & Wahyuningrum, E. (2015). Pembelajaran ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT. Infinity Journal, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.P182-189
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.26212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: