Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Pengembangan Live Worksheets dalam Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ASSURE yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets pada materi peluang untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli teknologi pendidikan, dan peserta didik kelas X. Objek penelitian ini adalah e-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets pada materi peluang untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, lembar validasi untuk ahli teknologi pendidikan, angket respon peserta didik, dan soal posttest. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang validator ahli. Jenis data penelitian yaitu kualitatif yang dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif kuantitatif, salah satunya dengan uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Asrar, A., Yerizon, Y., & Arnawa, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta. Jems: Jurnal Edukasi, 11(1), 182–190. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14361
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 pro Extended pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28–28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485
Faridi, F. (2023). Penggunaan Media Interaktif Liveworksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bilangan Berpangkat Kelas IXA SMP Negeri 2 Kandangserang. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2121
Gujarati, D. N. (2003). Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
Hendriani, M. (Maifit), & Gusteti, M. U. (Meria). (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Ikashaum, F., Sulastri, W., & Azizah, I. N. (2022). Contextual Mathematics Teaching Materials: Flipbook, Liveworksheet, Youtube. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.15686
Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas E–LKPD Matematika Berbasis Tri N Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 113–120.
Julian, R., Suparman, S., Djumat, I., Taib, B., Ermawati, E., Sahidun, N., … Sancoko, S. D. (2020). The Analysis and Design of Electronic Student Worksheet Based on the Discovery Learning to Improve Critical Thinking Ability. Universal Journal of Educational Research, 8(12B), 8022–8033. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082603
Kurniati, A., Rahmi, D., & Yuniati, S. (2023). Pendampingan Siswa Mengenalkan Keajaiban Angka dalam Alquran melalui Pemanfaatan Modul Interaktif Berbasis Liveworksheet. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 105–111. https://doi.org/10.32503/cendekia.v5i2.4371
Marhaeni, N. H., & Fitri, I. A. (2023). Pelatihan Pembuatan LKPD Berbasis Live Worksheet di SMA Dharma Amiluhur. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.35970/madani.v5i1.1692
Mulyasa, E. (2019). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Jadilah Guru Profesional atau Tidak Sama Sekali (Kelima). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pabri, M., Medriati, R., & Risdianto, E. (2022). Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan Liveworksheet untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis di SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 637–651. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6812
Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1890–1901. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2341
Polya, G. (2014). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. United States of America: Princeton University Press.
Pribadi, B. A. (2009). Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Diambil dari http://repository.ut.ac.id/9318/2/BP0009-21.pdf
Puspita, V., & Parma Dewi, I. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Riduwan, R., & Sunarto, S. (2014). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rosida, E., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4089
Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 164–173. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561
Shalahuddin, M. H., & Hayuhantika, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual dengan Media Liveworksheets pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 71–86. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.71-86
Smaldino, S. E., & Deborah, L. (2007). Instructional Technology And Media For Learning. Ninth edition. New Jersey Columbus. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
Solihati, A., Rahmawati, F., & Pamungkas, M. D. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.197
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1256–1268. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233
Syahputri, D. N., Solikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 67–74. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37598
The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Amerika Serikat: NCTM.
Wahyuni, I. A. G. S. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 489–497.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.P605-616
Zein, M., & Darto, D. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Riau: Daulat Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.26023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: