Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy

Butedafrilia Butedafrilia, Granita Granita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan dalam kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Problem-Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Faktor self-efficacy siswa di UPT SMPN 1 Koto Kampar Hulu juga diperhatikan dalam penelitian ini. Desain penelitian menggunakan pendekatan eksperimen faktorial dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan uji anova dua arah mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis matematis antara kedua kelompok siswa. Selain itu, perbedaan tersebut juga terlihat pada tingkat self-efficacy siswa. Namun, tidak ditemukan interaksi yang signifikan antara model PBL dan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, kesimpulannya adalah bahwa model PBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, dengan mempertimbangkan self-efficacy siswa di UPT SMPN 1 Koto Kampar Hulu.


Full Text:

PDF

References


Adinda, A. (2016). Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 4(01), 125–138. https://doi.org/10.24952/logaritma.v4i01.1228

Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73–78. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73

Amir, Z., & Risnawati. (2018). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arifin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Self-Efficacy dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3), 255–266.

Ariyanti, D., Isnaniah, & Jasmienti. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Smp N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 111–117. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7344

Astuti, P. H. mardika, Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 243–250. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36105

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Cottrell, S. (2015). Critical Thinking Skills : Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palgrave Macmillan.

Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika Mengacu pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Banjarmasin Tengah tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts (California). Measured Reasons and The California Academic Press.

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 23–34. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2022). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361–370. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370

Nurmaliza, Ariawan, R., Dahlia, A., Nufus, H., & Nurdin, E. (2022). Analysis of Mathematical Critical Thinking Ability Viewed from Habits of Mind. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 904–917. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp904-917

Paul, R., & Elder, L. (2008). The Miniature Guide to Critical Thinking: Concept and Tools (New York). The Foundation for Critical Thinking.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Safitri, I., Yolida, B., & Surbakti, A. (2019). Hubungan Self-Efficacy berdasarkan Gender dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 32–40.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. INVOTEC, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836

Ulva, E. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 944–952. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.73

Yolantia, C., Artika, W., Nurmaliah, C., Rahmatan, H., & Muhibbuddin. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(4), 631–641. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.21250

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016a). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016b). Students’ Critical Thinking Ability: Description Based on Academic Level and Gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154–164. Diambil dari https://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/29880




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.25997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter