Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Baroroh, U., Tririnika, Y., & Yuliani, I. (2019). Mathematic Literation Abilities Based on PISA-Like. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(2), 8. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i2.48393
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Bandur, Validitas dan Reliabilitas Penelitian dengan Analisis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Febriyana, V. (2022). Kajian Blended Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA
Indonesia, 2(2), 205–216. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.538
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 8, 562–569. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Istiyani, L. D., & Hidayat, T. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Representasi Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa The Relationship Between Mathematical Representation Abilitieswith Students ’ Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Edumatic, 4(2), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i2.637
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek. Jakarta: Kemendikbudristek. Retrieved from Laman litbang.kemdikbud.go.id
Khilmi, R. N. (2020). Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 47. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7360
Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. Prisma, 9(2), 204. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1078
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2), 441–448. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p441-448
Livingston, S. A. (2009). Constructed-Response Test Questions: Why We Use Them; How We Score Them. R & D Connections, 11(11), 1–8. Retrieved from http://144.81.87.152/Media/Research/pdf/RD_Connections11.pdf
Mahendra, N. R., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28940
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: IRDH.
Muthianisa, H., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 63–78. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5580
OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. In PISA 2009 at a Glance. PISA: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 206–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307
Rahmawati, & Mulbasari, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Inomatika, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.159
Sijabat, A., Juanta, P., Festiyed, & Yerimadesi. (2023). Literatur Review: Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 905–914. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5602
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suliarso, M., & Efgivia, G. M. (2021). Pembelajaran Online Matematika Berbasis Blended Learning. Jawa Barat: Widina Media Utama.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.25976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: