Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs

Wilga Shefika, Suhandri Suhandri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP/MTs yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan blended learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kundur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data berupa tes kemampuan representasi matematis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji mann-whitney dan n-gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan blended learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan blended learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Berdasarkan nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan blended learning lebih baik dari nilai rata-rata posttest siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Dengan demikian pendekatan blended learning efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Baroroh, U., Tririnika, Y., & Yuliani, I. (2019). Mathematic Literation Abilities Based on PISA-Like. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(2), 8. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i2.48393

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Bandur, Validitas dan Reliabilitas Penelitian dengan Analisis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Febriyana, V. (2022). Kajian Blended Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA

Indonesia, 2(2), 205–216. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.538

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 8, 562–569. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Istiyani, L. D., & Hidayat, T. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Representasi Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa The Relationship Between Mathematical Representation Abilitieswith Students ’ Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Edumatic, 4(2), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i2.637

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek. Jakarta: Kemendikbudristek. Retrieved from Laman litbang.kemdikbud.go.id

Khilmi, R. N. (2020). Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 47. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7360

Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. Prisma, 9(2), 204. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1078

Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2), 441–448. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p441-448

Livingston, S. A. (2009). Constructed-Response Test Questions: Why We Use Them; How We Score Them. R & D Connections, 11(11), 1–8. Retrieved from http://144.81.87.152/Media/Research/pdf/RD_Connections11.pdf

Mahendra, N. R., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28940

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: IRDH.

Muthianisa, H., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 63–78. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5580

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. In PISA 2009 at a Glance. PISA: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Pratiwi, I. R., & Silalahi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 206–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Rahmawati, & Mulbasari, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Inomatika, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.159

Sijabat, A., Juanta, P., Festiyed, & Yerimadesi. (2023). Literatur Review: Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 905–914. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5602

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suliarso, M., & Efgivia, G. M. (2021). Pembelajaran Online Matematika Berbasis Blended Learning. Jawa Barat: Widina Media Utama.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Bangkinang Dalam Menyelesaikan Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118–127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.25976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter