Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Mardhiyah Kharismayanda, Risnawati Risnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar LKS dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan basis RME untuk siswa kelas VIII SMP. Model pengembangan yang dilakukan sesuai dengan Model ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa soal posttest. Berdasarkan hasil uji validitas dari ahli desain, LKS berbasis RME termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 85,33%. Sedangkan dari hasill uji validitas dari ahli materi, LKS berbasis RME termasuk dalam kategori valid dengan persentase 74,67%. Berdasarkan hasil uji praktikalitas saat uji coba kelompok kecil, LKS berbasis RME termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 81,11%. Sedangkan dari hasil uji praktikalitas saat uji coba kelompok besar, LKS berbasis RME termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 88,31%. Berdasarkan uji efektifitas dari hasil posttest, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sudah tergolong baik dengan persentase 80,53%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah layak dan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Basuki, W. A., & Wijaya, A. (2018). The development of student worksheet based on realistic mathematics education. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012112

Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/4000

Hikayat, C., Suparman, S., Hairun, Y., & Suharna, H. (2020). Design of realistic mathematics education approach to improve critical thinking skills. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2232–2244. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080606

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Samiah, U., Kurniati, A., Rahmi, D., & Yuniati, S. (2023). Validitas dan Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal for Research in Mathematics Learning, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.18837

Sari, P. P., & Mz, Z. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(1), 269–276. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.14024

Sari, R. M., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Formatif, 7(1), 66–74. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1108

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Journal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Siahaan, T. M. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematics education. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 2528–4363. https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2549

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiawati, H., Wahyuningsih, A., & Yulianti, I. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistik Mathematics Education (RME) di Kelas V. Jurnal Education and Development, 10(2), 617–620. https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3786

Wijaya, A., Van Den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Veldhuis, M. (2018). Opportunity-to-learn to solve context-based mathematics tasks and students’ performance in solving these tasks–lessons from Indonesia. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1-20. 1598. https://doi.org/10.29333/ejmste/93420




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.25840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter