Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi pada Siswa Fase E.2 SMAN 1 Banuhampu Tahun Pelajaran 2022/2023

Irma Fauziah, Isnaniah Isnaniah, Aniswita Aniswita, Pipit Firmanti

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal Penilaian Kompetensi Minimum (AKM) Berhitung untuk siswa tahap E.2 di SMAN 1 Banuhampu tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh 35 siswa tahap E.2 SMAN 1 Banuhampu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal AKM Numeracy yang terdiri dari 5 soal berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 29,60%. Nilai persentase rata-rata untuk indikator pertama pemahaman soal adalah 39,71% dalam kategori rendah, indikator kedua adalah menyusun rencana, yaitu 31,24% dalam kategori rendah, indikator ketiga adalah melaksanakan rencana, yaitu 32,28% dalam kategori rendah, dan indikator keempat melihat ke belakang yaitu 2,38% dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan dalam menyelesaikan Penilaian Kompetensi Minimum (AKM), soal-soal berhitung berada pada kategori rendah.


Full Text:

PDF

References


Agustianti, R., Nuryami, Fajriah, N. A., Nasruddin, & Nay, F. A. (2022). Filsafat Pendidikan Matematika. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Aisyah, P. N., Umi, S., Khasanah, N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025–1036. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036

Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Damayanti, A. I., Nugraheni, P., & Darmono, P. (2020). Analisis Ranah Kognitif Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Prosiding Semadik, 440–447.

Delima, N, Kurniasih, I., Tohari, Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara. (2022). PISA Dan AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi. Subang: Unsub Press.

Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. Bekasi: Mikro Media Teknologi.

Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(2), 195–215. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Krissandi, A. D. S., Sudigdo, A., & Nugraha, A. S. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA: Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Novianti, D. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI, 85–91.

Nurjanah, H., & Jusniani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Brain Based Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 89–95. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.789

Octafi, F. C., & Isnaniah. (2022). Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( Tai ). 13(3), 153–161.

Pursitasari, I., Permanasari, A., & Jaenudin, D. (2022). Pelatihan Penyusunan E-Asesmen Literasi Sains Berbasis AKM Bagi guru IPA SMP di Kabupaten Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.46843/jmp.v1i1.265

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133.

Rizal Heru Cahya, A., AHF Santosa, C., & Mutaqin, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 1–15. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.4016

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. In Salatiga. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe AKM Berdasarkan Tahapan Polya. Geomath, 2(1), 42. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i1.775




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.25795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter