Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi pada Siswa Fase E.2 SMAN 1 Banuhampu Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal Penilaian Kompetensi Minimum (AKM) Berhitung untuk siswa tahap E.2 di SMAN 1 Banuhampu tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh 35 siswa tahap E.2 SMAN 1 Banuhampu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal AKM Numeracy yang terdiri dari 5 soal berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 29,60%. Nilai persentase rata-rata untuk indikator pertama pemahaman soal adalah 39,71% dalam kategori rendah, indikator kedua adalah menyusun rencana, yaitu 31,24% dalam kategori rendah, indikator ketiga adalah melaksanakan rencana, yaitu 32,28% dalam kategori rendah, dan indikator keempat melihat ke belakang yaitu 2,38% dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan dalam menyelesaikan Penilaian Kompetensi Minimum (AKM), soal-soal berhitung berada pada kategori rendah.
Full Text:
PDFReferences
Agustianti, R., Nuryami, Fajriah, N. A., Nasruddin, & Nay, F. A. (2022). Filsafat Pendidikan Matematika. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Aisyah, P. N., Umi, S., Khasanah, N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025–1036. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036
Asrijanty. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Damayanti, A. I., Nugraheni, P., & Darmono, P. (2020). Analisis Ranah Kognitif Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Prosiding Semadik, 440–447.
Delima, N, Kurniasih, I., Tohari, Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara. (2022). PISA Dan AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi. Subang: Unsub Press.
Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. Bekasi: Mikro Media Teknologi.
Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(2), 195–215. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364
Krissandi, A. D. S., Sudigdo, A., & Nugraha, A. S. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA: Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Novianti, D. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI, 85–91.
Nurjanah, H., & Jusniani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Brain Based Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 89–95. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.789
Octafi, F. C., & Isnaniah. (2022). Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( Tai ). 13(3), 153–161.
Pursitasari, I., Permanasari, A., & Jaenudin, D. (2022). Pelatihan Penyusunan E-Asesmen Literasi Sains Berbasis AKM Bagi guru IPA SMP di Kabupaten Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.46843/jmp.v1i1.265
Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133.
Rizal Heru Cahya, A., AHF Santosa, C., & Mutaqin, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 1–15. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.4016
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. In Salatiga. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe AKM Berdasarkan Tahapan Polya. Geomath, 2(1), 42. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i1.775
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.25795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: