LKS Berbasis CPS: Sebagai Bentuk Pengembangan dalam Menfasilitasi KPKM Siswa

Muhammad Edo, Depriwana Rahmi, Annisah Kurniati, Suci Yuniati, Ismail Mulia Hasibuan

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan LKS berbasis Creative Problem Solving (CPS) yang memenuhi syarat valid, praktis serta efektif pada materi perbandingan untuk menfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa (KPKM). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Lingtau Bao Utara.  Siswa kelas VII SMPN 3 Lintau Bao sebagai subjek dari penelitian ini, dan LKS berbasis CPS sebagai objek. Teknik angket dan tes adalah teknik dalam pengumpulan data yang digunakan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa LKS berbasis CPS termasuk dalam kategori sangat efektif. Dan LKS berbasis CPS terbukti sangat praktis baik dalam eksperimen kelompok kecil maupun besar. LKS berbasis CPS diklasifikasikan dalam kategori valid berdasarkan hasil uji validitas.


Full Text:

PDF

References


Abrar, M., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. STATMAT :Jurnal Ststistika Dan Matematika, 2(2), 158–166. https://doi.org/10.32493/sm.v2i2.5648

Amelia, D. J., A.m, I. A., & Saputra, S. Y. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Metakognisi di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.7168

Ardika, I. W., Ani, N. L. P. Y., Negara, I. M. Y. C., & Yanti, Y. N. (2018). Inovasi Dalam Pembelajaran: Kumpulan Naskah Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika Guru Jembrana 2017. Grapena Karya.

Dongoran, S., Said, H. B., & Defitriani, E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Memperoleh Model Creative Problem Solving (CPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kela VII SMP Negeri 14 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v3i1.62

Dwi Rahmawati, N., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. JES-MAT: Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579

Elvionika, R., Kurniati, A., & Rahmi, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.16362

Fauzan, A., & Suhandri, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs Pada Materi SPLDV. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.20002

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Hakim, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1087

Gun Gun, G., Lyesmaya, D., & Azwar Uswatun, D. (2023). Pengaruh Sikap Belajar Matematika Siswa terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3731949

Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education, 4(1), 97–110. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.980

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya SMA/SMK di Zaman Serba Digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499

Maharani, N., Hadiyan, A., & Murdiyanto, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.20110

Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Caremedia.

Ningsih, M. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Penelitian. Alfabeta.

Pertiwi, K. A. (2018). Efektivitas Lembar Kerja SIswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Solving pada Materi Barisan Aritmatika untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1755–1761. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.167

Rahmadani, P., & Mz, Z. A. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.14025

Salsabila, G., Septian, A., Inayah, S., Hanifah, N., & Komala, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59108/ime.v1i1.16

Sari, N. P. W., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5), 551–564.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Ar-Ruzz Media.

Situmorang, A. S., Panjaitan, S. M., & Rahmadani, S. (2023). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik di Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3234

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SJME: Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Yulianti, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 4 Pekanbaru.

Zein, M., & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Daulat Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.25665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter