Validitas Modul Ajar dan LKPD Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Islami pada Materi Statistika

Cut Nadia Rachmi, Suhartati Suhartati, Mukhlis Hidayat

Abstract


Tuntutan kurikulum merdeka agar pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dapat diwujudkan melalui pembelajaran matematika realistik. Salah satu konteks yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika realistik adalah konteks islami, yang dapat memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter dan menumbuhkan nilai-nilai islam pada peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan konteks islami menjadi penting untuk dilakukan. Sementara itu, perangkat pembelajaran matematika realistik dengan konteks islami pada materi statistika masih sangat terbatas sehingga perlu diupayakan pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Dalam hal ini, perangkat yang dimaksud adalah modul ajar dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Agar perangkat tersebut layak untuk digunakan maka harus diuji validitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas modul ajar dan LKPD berbasis pembelajaran matematika realistik dengan konteks islami pada materi statistika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp. Data uji validitas diperoleh dari hasil validasi oleh para ahli dengan menggunakan instrumen lembar uji validitas berupa angket yang dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Hasil uji validitas untuk modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pembelajaran matematika realistik dengan konteks islami secara keseluruhan memperoleh kategori sangat valid sehingga perangkat pembelajaran layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 71–82. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.3930

Asmawati, N. A. S. A., & Granita, G. (2023). Optimalisasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berdasarkan Motivasi Belajar. Suska Journal of Mathematics Education, 9(2), 165–172. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i2.26490

Dalti, Y., & Kurniati, D. A. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (Daya Juang) Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 159–168. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9012

Heuvel-panhuizen, M. Van Den, Drijvers, P., Education, M., Sciences, B., & Goffree, F. (2014). Encyclopedia of Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8

Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132

Johar, R., Aklimawati, A., Zubainur, C. M., Ikhsan, M., & Chandrawati, A. E. (2016). Pembelajaran Menemukan Nilai PHI(π) melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Kreano; Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5996

Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the Last Two Decades of Realistic Mathematics Education Approaches. International Journal of Instruction, 15(1), 381–400. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15122a

Lubis, F. F., Nurdin, E., & Fitri, I. (2023). Pembelajaran Ethno-RME Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 277–284. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.25754

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Nurjanah, M. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 13(2), 38–45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741

Plomp, T., & Nieveen. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Purba, G. F., Rohana, A., Sianturi, F., Giawa, M., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Tarbiyah STAIN Pekalongan, 12(2), 223–243. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. Diambil dari https://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Samiah, U., Kurniati, A., Rahmi, D., & Yuniati, S. (2023). Validitas dan Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 125–132. https://doi.org/10.24014/juring.v6i2.18837

Teguh Harianto, B., & Wibowo, A. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.184

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 80–95. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.12




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.25626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter