Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Program Linear Kelas X SMK

Endah Oktaviana, Zulfitri Aima, Ramadoni Ramadoni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan teknologi dan komunikasi yang masih kurang pada proses pembelajaran matematika serta bahan ajar yang digunakan di SMK Taman siswa Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Program Linear Kelas X TKJ SMK Tamansiswa Padang yang valid dan praktis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan R&D (Reseacrh and Development) dengan model pengembangan Plomp. Tahap yang digunakan dalam model pengembangan ini hanya tahap 1 sampai tahap 2 yaitu tahap preliminary research dan prototyping phase yang merangkap uji validitas, dan kepraktisan. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validitas, angket uji satu-satu yang berguna untuk melihat kepraktisan E-LKPD oleh guru, angket uji satu-satu, angket uji kelompok kecil yang berguna untuk melihat kepraktisan E-LKPD oleh peserta didik, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif yang digunakan dalam pembuatan E-LKPD. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas E-LKPD berbantuan aplikasi liveworksheet oleh ahli Matematika dan oleh ahli Teknologi sebesar 93% dengan kategori sangat valid.  Hasil kepraktisan dengan guru memperoleh nilai akhir 90% dengan kategori sangat praktis. Hasil kepraktisan uji satu-satu dengan tiga peserta didik memperoleh nilai akhir 85,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil kepraktisan uji kelompok kecil dengan sembilan peserta didik memperoleh nilai akhir 88,1% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbantuan aplikasi liveworksheet pada materi program linear di SMK Tamansiswa dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Agusli, R., & Azianah, R. M. (2014). Implementasi E-Learning Berbasis Web di SD Negeri Pasarkemis 1. Jurnal Sisfotek Global, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.38101/sisfotek.v4i2.55

Ahmadi, A., & Dewi, C. A. (2014). Pengaruh Pembelajaran SAVI Berbasis Media Simulasi Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Elektrokimia. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 144–148. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.641

Arisanty, D., Hastuti, K. P., & Imawwati, F. A. S. and R. (2020). Improving Geography Learning through Project-based Learning Model. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 585–594.

Boas, & Ramadoni. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 29 Padang. Journal of Basic Education Studies, 6(1), Article 1.

Bombang, V., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. P. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(1), 27–41.

Elvionika, R., Kurniati, A., & Rahmi, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/juring.v6i2.16362

Erna, M., Elfizar, E., & Dewi, C. A. (2021). The Development of E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook Maker Software Based on Lesson Study to Improve Teacher’s Critical Thinking Ability. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(01), Article 01. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.15679

Filmiari, H., Ramadoni, & Fitri, D. Y. (2023). The Impact of Window-Shopping Strategy towards Students’ Score on Topic of Linear Equations of Two Variables. Rangkiang Mathematics Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/rmj.v2i1.28

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 0, Article 0. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403

Klein, J. I., & Taveras, S. (2009). Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. NYC Department of Education. https://www.cowcreekeducation.com/education/wp-content/uploads/2021/09/03.CP_L01_NYC_project_based_learning_guide.pdf

Komarudin, K., & Permana, P. T. (2019). LKPD Berbasis Scientific Approach terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126.

Nihayah, R., & Prihatni, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik IPA Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas V SD Negeri Poncowarno Kabupaten Kebumen. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6121

Nurohman, S. (2007). Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. http://staff. uny. ac. id

Nurwanti, H., Khery, Y., & Nufida, B. A. (2018). Pengembangan Modul Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul Berorientasi Nature of Science Untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 6(2), 81–99. https://doi.org/10.33394/hjkk.v6i2.1603

Pardede, T. E., Hartoyo, A., & B.s, D. A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Disertai LKPD pada Materi Program Linear di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(12). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i12.30303

Plomp, T., Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., & Nieveen, N. (2010). Educational Design Research: An Introduction. An Introduction Educational Design Research. SLO, Netherlands. https://ris.utwente.nl/ws/portalfiles/portal/14472302/Introduction_20to_20education_20design_20research.pdf

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rery, R. U., Herdini, H., & Marinsi, D. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2), 89–97. https://doi.org/10.33394/hjkk.v10i2.5548

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sari, D. N., Haryono, Y., & Ramadoni, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII di SMP N 2 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Lemma : Letters of Mathematics Education, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v9i1.5644

Siregar, B. H., & Mansyur, A. (2021). Program Linear dan aplikasinya pada berbagai software. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tuzzahra, R., Hanifah, H., & Maizora, S. (2020). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.69-81

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter