Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi

Yulia Febriani, Haida Fitri, Rusdi Rusdi, Tasnim Rahmat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi pada Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitisn ini adalah penelitian Korelasional dan penelitian Ex-post Facto. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 25% siswa dari 171 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket kejenuhan belajar dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujiaan persyaratan korelasi, pengujian hipotesis yang terdiri dari koefisien korelasi, persamaan regresi, koefisien determinasi dan kebermaknaan koefisien korelasi. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisis korelasi yang diperoleh dari perhitungan product moment yaitu -0.526, dapat disimpulkan adanya korelasi negatif antara variabel kejenuhan belajar dengan hasil belajar. Melalui persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 115.923-0.33358X, koefisien regresi variabel kejenuhan belajar siswa (X) sebesar -0.3358 yang artinya jika kejenuhan belajar siswa meningkat sebesar 1, maka hasil belajar akan mengalami penurunan sebesar -0.3358 dengan sumbangan/determinasi variabel X terhadap variabel Y yaitu 27,67%. Hal ini berarti masih ada 73,33% lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan yang diperoleh dalam pembahasan melalui uji-t diperoleh thitung = -3,960 dan ttabel = 1,683. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa –thitung < -ttabel. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya H0 diolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kejenuhan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi.

Kata kunci: Hasil Belajar; Kejenuhan Belajar dan Matematika

 


Full Text:

PDF

References


Agry, Y. S. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Kejenuhan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 5(2). 11-14. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.4065.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Gramedia.

Fahmi, S. (2021). Multimedia Pembelajaran Matematika. UAD Press.

Fauziah, M. (2021). Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK Pada Masa Pandemi. UAD Press.

Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara.

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatxan Sistem. Bumi Aksara.

Imammuddin, & dkk. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Al Khawarizmi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 3(1). 11-21. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138

Kardianti, A. (2022). Analisis Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas XII SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 6(1). 21-29. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v6i1.54518.

Kheng, P. S. (2021). Belajar Secara Efektif. Samudera Biru.

Magdalena, I. (2021). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. CV Jejak Pustaka.

Mila, L. S. (2015). Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri IV Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Purnama, R. (2017). Hubungan Antara Academic Self Confidence dengan Kejenuhan Belajar ( Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Konseling Komprehensif, 4(2). https://doi.org/10.36706/jkk.v4i2.8080

Rifka, A., & dkk. (2022). Filsafat Pendidikan Matematika. PT Global

Eksekutif Teknologi.

Rosi, F. S. E. (2002). Asesmen dan Intervensi Psikososial. Jejak Pustaka.

Sinulingga, S. (2018). Metode Penelitian. USU Press.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi Spss Versi 17. Bumi Aksara.

Slivar, B. (2001). The Syndrome Of Burnout, Self-Image, and Anxiety With Grammar School Students. Psihološka obzorja/Horizons of Psychology, 10(2). 21-32.

Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Agensido Offset.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (2001). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Rajawali Press.

Thobroni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Tirtonegoro, S. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Bima Aksara.

Yang, H.-J. (2004). factros Affecting Student Burnout and Academic Achievement in Multiple Enrollment Programs in Taiwan’s Technical-Vocational Colleges. International Journal of Educational Development, 24(3). 283-301. https://doi.org/ 10.1016/j.ijedudev.2003.12.001.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.25125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter