Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru: Nonequivalent Control Group Desain, Siswa SMP PGRI Pekanbaru, SMP PGRI Pekanbaru
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi ada atau tidak dampak yang diberikan oleh implementasi metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu) yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP PGRI Pekanbaru. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII B dipilih sebagai kelas eksperimen dengan 20 orang siswa dan kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dengan 18 orang siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes soal pretest dan posttest. Tes digunakan untuk melihat pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial diperoleh dimana = 4,24 > = 2,03 dan Hal ini berarti ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pekanbaru.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, Y. (2018). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pekanbaru (Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.
Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., & Novilanti, F. R. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. Inomatika, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163
Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Destrini, H., Nirwana, & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21
Hasanah, E. N., Abdurrahman, Rezeki, S., & Sthephani, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 164–177. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.110
Istikomah, E., Fauziah, R. S., Irawan, E., & Mahmudin, M. (2018). Analisis Hubungan Tingkat Kecemasan Matematika dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Sigma Didaktika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.17509/sigmadidaktika.v6i1.48409
Maulida, D., Roesdiana, L., & Munandar, D. R. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 16–26. https://doi.org/10.31004/cendekia.V7I1.1659
Nirwana, N. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mempersiapkan RPP di TL Al Mustafa Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16–16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.34
Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903–913. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Rukminingsih, R., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sari, N., & Hanum, F. (2018). Peran Kultur Sekolah dalam Membangun Prestasi Siswa di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 2(1), 1–15.
Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. Jakarta Timur: Uki Press.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 437–446. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.437-446.2022
Warpaatun, W. (2019). Metode Penemuan (Inquiry) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 3(2), 177–188. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.12
Wungo, D. P., Susilo, D. A., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Siswa. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4487
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linier. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3013
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.24734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: