Pendekatan Brain Based Learning Dalam Bentuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis

Vani Rahmayani, Suci Yuniati, Annisah Kurniati, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat Lembar Kerja Siswa matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan subjek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa matematika dengan pendekatan Brain Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas lembar kerja siswa dengan pendekatan Brain Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,02%) dan sangat praktis untuk kelompok kecil (88,24%) dan untuk kelompok besar (87,20%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh thitung sebesar 4,47 dengan  dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata postes 86,93 dan siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata postes 77,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning ini telah valid, praktis, efektif dan memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Rivalia, Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4).

Anggraini, Yuliana, N. W., Ristiati, N. P., & Devi, N. L. P. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24630

Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1)..

Danisa, V. S., Suciati, S., & Sunarno, W. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Brain Based Learning Disertai Vee Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 2(0).

Fitriani, A., & Irawan, E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Brain Based Learning Berorientasi Pada Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1). https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.274

Gazali, & Yuliana, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hartono. (2010). Analisis Item Instrumen. Zanafa Publishing.

Junedi, B., & Lestari, S. (2017). Penerapan Pendekatan Brain Based Learning dengan Metode Hypnoteaching terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2). https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.125

Khafid, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 71–82. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1150

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Purwati, Y., Buyung, B., & Relawati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1). https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.103

Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1). https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Sahid, N. A., Tayeb, T., Asnita, A. U., & Majid, A. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13600.

Susanti, V. D., & Adamura, F. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Brain Based Learning untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1).https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32717

Syukur, A. A., Astono, J., & Wiyatmo, Y. (2016). Pengembangan LKS dengan Pendekatan Braind Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mlati Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 91–97.

Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

Zakaria, E. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Utusan Publications & Distributors SDN BHD.

Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5). https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2258




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.24710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter