Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Paulina Siahaan, Susda Heleni, Sehatta Saragih

Abstract


Mengikuti perkembangan teknologi, maka guru perlu mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi seperti komputer, dimana media pembelajaran merupakan salah satu faktor ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer model interaktif yang valid dan praktis. Media pembelajaran dikembangkan untuk materi penyajian data kelas VII SMP bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media ditentukan oleh hasil angket yang dinilai oleh 3 orang validator dan kepraktisan dilihat dari respon siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer model interaktif valid dan praktis. Namun, penelitian ini perlu dilanjutkan dengan uji coba penggunaannya untuk melihat efektivitasnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis komputer model interaktif ini untuk menunjang pembelajaran materi penyajian data. Namun guru perlu meninjau terlebih dahulu ketersediaan komputer dan listrik di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Aftriyati, L. W., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa SMAPekanbaru Pada Materi SLTV. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 226–240. doi:10.20956/jmsk.v%vi%i.8515

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar:Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Dianta, Y. J., & Putri, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1), 49–56.

Dwianjani, N. K. V., Candiasa, I. M., & Sariyasa. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153–166. doi:10.25217/numerical.v2i2.276

Habibah, A., Roza, Y., & Zulkarnain. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Ineraktif Untuk Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP/Mts. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, (Oktober), 1–14.

Haryani, D. (2011). PM-16 - Desti Haryani. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 121–126). Yogyakarta: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) , 3(2), 141–148. doi:10.24014/juring.v3i2.9597

Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). The Importance of Interactive Learning Media in A New Civilization Era. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), 48–60. doi:10.46827/ejoe.v5i2.3298

Mahardika, A. I., Purba, H. S., & Permana, A. (2022). The Development of Web-Based Interactive Learning Media on Static Electricity Materials With Tutorial Model. Kasuari: Physics Education Journal, 5(1), 1–18. doi:10.37891/kpej.v5i1.220

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. Retrieved from https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Suciati, I., & Rio, F. P. (2021). Hubungan Kemampuan Matematis Peserta DIdik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik: A Systematic Literarure Review. Pedagogy, 6(2), 56–70. doi:10.30605/pedagogy.v6i2.1596

Sudaryana, M. Y. (2022). Pengembangan Model Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer di SMAN 6 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 681–687. doi:10.36418/japendi.v3i7.1099

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandri, Marzuki, & Negara, H. R. P. (2021). Analissi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs pada Materi Bangun Datar. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 93–104. doi:10.37058/jarme.v3i1.2440

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. doi:10.24014/sjme.v3i2.3897

Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Komputer Model CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 81–98.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.24103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter