Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Media Jarimatika

M. Falahudin Muzaki, Ummu Sholihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media jarimatika terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jarimatika merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang menggunakan jari-jari tangan sebagai alat bantu untuk mempercepat perhitungan aritmatika. Metode dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa SD yang dipilih secara random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-tes. Teknik analisis data menggunkan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test dan nilai mean rank dan sum of rank untuk hasil belajar positif. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan hasil belajar siswa setelah menggunakan media jarimatika.


Full Text:

PDF

References


Afriani, D., Fardila, A., & Dani Septian, G. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(5), 191–196. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342

Anggraeny, N. D., & Masyithoh, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Anak Usia Sekolah Dasar. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–102. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i1.24530

Ayurachmawati, P., Sunedi, S., Dirgantara, M. R. D., Syaflin, S. L., Indasari, M., & Dedi, A. (2021). Pelatihan Jarimatika Bagi Guru Di SD Negeri 2 Indralaya Utara. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.19205

Chotimah, C. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Perkalian Jarimatika Siswa SDIT El-Haq Buduran Sidoarjo. Diambil dari http://eprints.umsida.ac.id/397/

Hamidah, F., Khofiyya, A. N., & Putri, A. F. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1), 115–125.

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Idiyani, A. D. P. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berhitung Jarimatika terhadap Minat Belajara Matematika Anak Usia Sekolah. Educational Psychology Journal, 1(1), 9–16.

Irma, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Strategi Think-Talk-Write. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 001–012. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9351

Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i1.1178

Musthafa, S. A., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Menggunakan Metode Jarimatika. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 30–33. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Putra, K. T. H., Prananda, G., Mulyadi, Meilana, S. F., Sama’, Silitonga, M., … Simorangkir, S. B. T. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Aceh: Yayasan Penenrbit Muhammad Zaini. Diambil dari https://books.google.com/books/about/Teori_Landasan_Pendidikan_Sekolah_Dasar.html?id=JyRGEAAAQBAJ

Sari, M. A., & Iskandar, R. (2022). Analisis Penerapan Metode Jarimatika Pada Perkalian Dasar Secara Daring di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 718–726. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.271

Sari, T. M., Ernawati, Haidar, I., & Alonemarera, A. S. (2022). Bimbingan Literasi Numerasi dengan Menggunakan Metode Jarimatika Kepada Siswa SD Negeri 1 Lamokato. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 800–810.

Subando, J. (2021). Teknik Analisis Data Kuantitatif Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Jawa Tengah: Lakeisha.

Suparni, S. (2018). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Bagi Anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyyah. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(2), 45–62. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1273

Syahputra, A., Hts, D. I. G., & Samsir. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Jarimatika Penjumlahan Dan Pengurangan Berbasis Multimedia. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.52332/u-net.v3i1.20

Teapon, N., Anugrah, M. F., Himmawan, D. F., Martista, R. B., Rosjanuardi, R., & Novianingsih, K. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berhitung Cepat Menggunakan Jarimatika pada Anak-Anak Yayasan Yatim dan Dhuafa Daarul Husna Parompong Kabupaten Bandung Barat. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 115–122.

https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i2.1005

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Yamin, S. (2021). Tutorial Statistik SPSS, LISREL, WARPPLS, & JASP (Mudah dan Aplikatif). Diambil dari https://books.google.com/books/about/TUTORIAL_STATISTIK_SPSS_LISREL_WARPPLS_J.html?id=_rFJEAAAQBAJ

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.23745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter