Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Math City Map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Seprial Alit Febrian, Fadhilah Rahmawati, Syita Fatih 'Adna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Math City Map lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung berbantuan Math City Map pada materi bangun ruang sisi datar. Selain itu, juga untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Math City Map pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan eksperimen semu yaitu pretest-posttest control group design. Teknik pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket. Uji hipotesis pertama dengan uji Independet sample t-Test diperoleh  sehingga  ditolak. Pada pengujian hipotesis kedua menggunakan uji Paired Sample t-Test diperoleh  sehingga  ditolak serta hasil analisis N-gain adalah 0,829. Kesimpulan pada penelitian ini kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Math City Map lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung berbantuan Math City Map. Selain itu, kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan Math City Map mengalami peningkatan dengan berkriteria tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ashari, I. M. A., Lubis, D. A., Arianto, L., & Amidi. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya (Etnomatematika) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 171–180. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.94

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377–2394. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.484

Cahyono, A. N. (2018). Learning Mathematics in a Mobile App-Supported Math Trail Environment. Cham, Switzerland: Springer Science and Business Media :; Springer.

Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2017). MathCityMap: Motivating students to engage in mathematics through a mobile app-supported math trail program. https://doi.org/10.17877/DE290R-18418

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 022099. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Diambil dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Facione, P. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 1(1), 1–23.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(2), 48–60. https://doi.org/doi.org/10.57008/jjp.v1i02.6

Good, T. L., & Grouws, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An experimental study in fourth-grade classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3), 355–362. https://doi.org/10.1037/0022-0663.71.3.355

Harjo, B., Kartowagiran, B., & Mahmudi, A. (2019). Development of Critical Thinking Skill Instruments on Mathematical Learning High School. International Journal of Instruction, 12(4), 149–166.

Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 220–238. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14646

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa : Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project Berbantuan Mathcitymap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad

Dahlan, 6(0). Diambil dari http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1040

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111–126. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Khoirunnisa, Salsabila, E., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 74–79. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.09

Kusmayanti, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3288

Ludwig, M., & Jablonski, S. (2021). Step by step: Simplifying and mathematizing the real world with MathCityMap. Quadrante, 30(2), 242–268. https://doi.org/10.48489/quadrante.23604

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17

Nurapriani, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Sistem Informasi dengan Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(1), 439–449.

Purwanti, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253–266. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1296

Putra, S. S., & Fitriyani, H. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional & Internasional. Diambil dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3074

Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8–13. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahmiati, & Fahrurrozi. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 75–86. https://doi.org/doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86

Singh, R., Singh, C., M, T. M. T., Mostafa, N., & Singh, T. (2017). A Review of Research on the Use of Higher Order Thinking Skills to Teach Writing. International Journal of English Linguistics, 8(1), p86. https://doi.org/10.5539/ijel.v8n1p86

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan RnD). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24–36. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.23567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter