Systematic Literature Review: Integrasi Keislaman Pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Matematika
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amir, S.U., Nari, N., & Huda, U. (2019). Pengembangan LKPD SPLTV Terintegrasi Islam dan Budaya Minangkabau di SMA/MA. Innovation in Islamic Education: Challenges and Readiness in Society, 5, 267–280.
Artalia, D., Sari, A., & Fitraini, D. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning dan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Teorema Pythagoras SMP/MTs. JURING: Journal for Research in Mathematics Learning, 5(4), 351-358. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.18970
Beladina, N., & Suyitno, A. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 34–39.
Dewi, W. S., Supriadi, N., & Putra, F. G. (2018). Model Hands on Mathematics (HoM) Berbantuan LKPD Bernuansa Islami Materi Garis dan Sudut. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 57-63. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1913
Ekawati, T., Anggoro, B.S., & Komarudin. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826
Fitriah, N., Muchyidin, A., & Sahrodi, J. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.34
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 346–352. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/49
Friansyah, D., & Luthfiana, M. (2018). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.322
Ghinaya, M. A. S., & Hartatiana, Y.W. (2021). Desain LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Islam. Proceedings of International Education Conference (IEC), 1(1), 49–55.
Haryani, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. MENARA, 12, 153–154.
Kitchenham & Charters. (2007). Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. EBSE Technical Report. Keele University and University of Durham, UK.
Nihayati. (2017). Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-Ayat al- qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65–77. https://doi.org/10.52657/je.v3i1.285
Rachmiati, W., & Mansur. (2021). Video Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Mengembangkan Pemahaman Matematis Dan Karakter Religius Siswa SD. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(01), 2623–2685.
Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926
Sari, A., & Revita, R. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Nilai Keislaman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 655–667. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1256
Sari, A., Revita, R., & Suhandri. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Saintifik Terintegrasi Nilai Keislaman untuk SMP/MTs di Provinsi Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 135-144. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.11309
Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562
Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153. http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 157–165. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588
Zawacki-richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic Reviews in Educational Research Methodology, Perspectives and Application. https://doi.org/10.1007/ 978-3-658-27602-7
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.23066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: