Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Corong Berhitung Dan Kartu Pecahan (Studi Kajian Literatur)

Iin Gusmana, Zubaidah Amir

Abstract


Pemahaman konsep matematika merupakan fondasi penting bagi siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan penalaran logis. Penelitian ini berfokus pada pemahaman konsep matematika siswa yang ditinjau dari motivasi belajar melalui penggunaan media pembelajaran berupa corong berhitung dan kartu pecahan. Studi kepustakaan yang digunakan sebagai metode penelitian difokuskan pada teori-teori terkait pemahaman konsep matematika, motivasi belajar, dan media pembelajaran, serta penelitian-penelitian terdahulu yang membahas topik serupa. Studi kepustakaan dilakukan dengan mengidentifikasi variabel, mencari referensi, memilih bahan pustaka yang berkualitas, menganalisis dan mensintesis informasi, dan menyusun hasil kajian pustaka dalam bentuk esai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pemahaman konsep matematika siswa yang ditinjau dari motivasi belajar melalui penggunaan media pembelajaran corong berhitung dan kartu pecahan


Full Text:

PDF

References


Abbas, S. A. (2023). Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Dan Perannya Dalam Mendorong Peningkatan Kinerja: Tinjauan Pustaka. Balanca : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i1.4295

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 2(2), 145–165. http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819

Aulia, J., Fitraini, D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), Article 4. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10647

A’yuningrum, F. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59729/alfatih.v2i2.23

Bachri Djamarah, S. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning Trajectories in Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81–89. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_1

Efendi, D., & Yulianti, R. (2020). Penggunaan Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Inpres Perumnas 1 Waena Kota Jayapura. Waniambey: Journal of Islamic Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53837/waniambey.v1i1.20

Ernanida, E., & Yusra, R. A. (19 C.E.). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333

Faidah, N., Hizabah, N., Syarlin, S., Nasrah, & Akhir, M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri 30 Sumpang Bita. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.596

Faizah, A. N., Manasikana, C. A., & Sutriyani, W. (2022). Peran Media Pembelajaran Corong Berhitung terhadap Pemahaman Konsep Pembagian di Kelas II SDN 1 Tahunan. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 15–24.

Hasnah, A. (2020). Penerapan Media Corong Berhitung Dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sanse Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), Article 01.

Herawati, H., & Arkiang, F. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Kartu Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hasna. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.58540/jurpendis.v1i4.507

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kurniati, A., Jannah, N., & Fitraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.11334

Kurniati, A., Marliny, D., & Rahmi, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12893

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 29–34. https://doi.org/10.24198/jmi.v13.n1.11410.29-34

Maseke, S. U., Ilham, A., Rivai, S., Sarlin, M., & Marshanawiah, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pecahan Biasa Menggunakan Media Kartu Pecahan pada Siswa Kelas II SDN 25 Kota Selatan. Student Journal of Elementary Education, 2(2), Article 2.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual pada Materi Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), Article 01.

Novarini, I., Tsalatsa, A. N., & Setianingsih, E. S. (2018). Pengaruh Model Direct Intruction Berbantu Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 389–395. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16156

Novia Pitriani, N., Rahayu Noviati, P., & Yoga Juanda, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis Media Corong Berhitung terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. PI-MATH: Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1–10.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243–255.

Nurhayati. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Di Kelas IV SD Muhammadiyah Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Humaniora, XI(6), 771–784. https://doi.org/10.32672/jsa.v11i6.7874

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.12686

Paut, F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Alat Peraga Kartu Pecahan Dengan Media Animasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Oesusu. Haumeni Journal of Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.35508/haumeni.v2i1.7112

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Suska Press.

Rusmiyati, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Melalui Media Kartu Pecahan. BASIC EDUCATION, 7(32), Article 32.

Saifani, S. S., Rijal, M. R., & Rachmiati, W. (2019). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Corong Berhitung terhadap Konsep Pemahaman Matematika. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2485

Saodah, S., Pratiwi, A. R., Pratiwi, S. A., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media dalam Pembelajaran PKn SD. PANDAWA: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 386–395.

Sari, D. N., & Juwita, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Penerapan Media Kartu Permainan Bilangan di SD IT Deli Insani Tanjung Morawa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v8i2.6331

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56630/jti.v2i1.91

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.22992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter