Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Inggil Nur Utami, Irma Fitri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME) pada materi koordinat kartesius untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs An Najah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An Najah Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan RME. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan yakni LKS berbasis pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat valid. Kemudian LKS berbasis pendekatan RME dinyatakan dalam kategori sangat praktis berdsarkan uji coba kelompok kecil begitu juga pada uji coba kelompok besar. Serta LKS berbasis pendekatan RME dinyatakan dalam kategori efektif berdasarkan hasil perhitungan dengan Uji Mann Whitney U dengan perolehan Zhitung lebih besar dari Ztabel


Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis; Lembar Kerja Siswa; Realistic Mathematics Education (RME).


Full Text:

PDF

References


Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2761.

Djafar, M. A. (2011). Pendekatan Kontekstual dan Realistik dalam Pengajaran Matematika. Jakarta: CV. Ghina Walafafa.

Fuada, M. S., Sunardi, S., & Setiawan, T. B. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 114–124. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v8i2.6820.

Halimah, S. N., & Rahmi, D. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segi Empat dan Segitiga: Analisis Deskriptif Berdasarkan Keaktifan Belajar di MTs Bustanul Ulum. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 357–366. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10490.

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.7460.

Lubis, F. F., Nurdin, E., & Fitri, I. (2023). Pembelajaran Ethno-RME Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 277. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.25754.

Maharani, D., & Ramlah, R. (2021). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(2), 287–294. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p.

Melawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 44–49. https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.800.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Revita, R., & Amir, M. Z. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.10.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49.

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 74. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275.

Yuzalia, Y., Nufus, H., & Hasanuddin, H. (2021). Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal Pada Materi Himpunan Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 113–122. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12148.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.22837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter