Pengembangan E-Modul Berbasis Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Rizqi Fu'adatul A'yuni, Anwar Mutaqin, Heni Pujiastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Imlementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas VIII SMPN 3 Cikupa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan tes. Intrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar respon, dan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik anilisis kuantitatif. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media diperoleh kesimpulan bahwa e-modul telah valid dengan kategori sangat valid. Hasil respon guru dan siswa juga menunjukkan bahwa e-model telah praktis dengan  kategori sangat praktis. Serta melalui uji N-Gain dapat diketahui bahwa dari hasil tes siswa menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan kategorikan tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan e-modul yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.

 

Kata kunci: e-modul; relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT),  pemahaman konsep matematis.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21”. 24 Oktober 201. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo., 34–42.

Anggraini, R. Seprina, Sustipa, W dan Erita, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika menggunakan Aplikasi Flipbook Maker. Journal on Teacher Education, 4(2), 68–78. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9342.

Ariawan, R., Kurniasari, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook dengan Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 1. https://doi.org/10.24014/juring.v5i1.13949.

Cahyati. M, A. C., Andriani, L., & Revita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 2 Bangkinang Kota. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 125. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9333.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Unesa, 01(01), 1–9.

Ferdianto, F., & Setiyani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781.

Florentina Turnip, R., Rufi’i, & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057.

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Geometri. Jurnal Equation (Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika), 4(1), 47-59. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i1.4027.

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161.

Heswari, S., & Dwi Patri, S. F. (2021). Efektifitas Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.416.

Hidayat, R., & Nurrohmah. (2016). Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 12–19. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.975.

Husna, E, F., Dwina, Fitriani., & Murni, D. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 26–30.

Indariani, A., Amami Pramuditya, S., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3670.

Junedi, B., & Ayu, D. M. (2018). Penerapan Strategi Relating, Exsperiencing, Applying, Cooperating and Transfering (REACT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 125–132. https://doi.org/10.30743/mes.v3i2.502.

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk siswa SMA. JRPM (Jurnal Riset Pendidikan Matematika), 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257.

Marwiyah, S., Sari, A., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 043. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.8902.

Maryam, Masykur, R & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Matematika SMP. Jakarta.

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406.

Putri, D. A., Fitraini, D., & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4),345–356. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i4.8816.

Riduwan. (2014). Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Cet. 6). (6 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sari, F. K., Farida, & M.Syazali. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar (Jurnal Pendidikan Matematika), 7(2), 135–152. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9664.

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.12556

Suri, I. R. A., Rinaldi, A., & Nurfadila, N. (2020). Kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi (matematis) pada materi relasi fungsi dengan pengembangan e-modul dan kvisoft flipbook maker. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 91–100.

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563.

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 177. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.22697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter